Universitas Riau siapkan 6.700 kursi untuk mahasiswa baru

id Universitas Riau, mahasiswa, calon mahasiswa, Riau, Pekanbabu

Universitas Riau siapkan 6.700 kursi untuk mahasiswa baru

Wakil Rektor (WR) I Universitas Riau Profesor M Nur Mustofa (tengah) didampingi Staf Khusus WR I Dr Rahman Karnila (kiri) dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Azhar Kasmi menjelaskan tahapan penerimaan mahasiswa baru. (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (UR) sebagai perguruan tinggi negeri terbesar di Bumi Lancang Kuning menyatakan siap menampung sebanyak 6.700 mahasiswa baru dalam tahun ajaran 2020.

Wakil Rektor I Universitas Riau Prof M Nur Mustofa dalam keterangannya di gedung rektorat UR, Kota Pekanbaru, Rabu, mengatakan para calon mahasiswa baru tersebut akan memperebutkan kesempatan itu dengan tiga jalur seleksi.

"Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, kita akan kembali menjaring mahasiswa baru dengan tiga jalur seleksi," katanya.

Pertama adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 yang nantinya akan dilakukan oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT). UR, katanya, akan membuka kuota 30 persen melalui seleksi tersebut.

Ia menjelaskan SNMPTN 2020 ini terdapat sedikit perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun mendatang, SNMPTN dapat diikuti oleh sekolah yang telah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta siswa yang memiliki nomor induk siswa nasional (NISN).

Jika kedua syarat itu terpenuhi, maka sekolah wajib membuat akun LTMPT serta mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS). Registrasi akun LTMPT sendiri berlangsung sejak 2 Desember hingga 7 Januari 2020. Sementara pengisian data PDSS akan dibuka pada 13 Januari hingga 6 Februari 2020.

Sekolah yang telah menyelesaikan dua langkah awal di atas kemudian melakukan pemeringkatan siswa. Tiap sekolah juga memiliki kuota berbeda untuk menyertakan siswanya mengikuti SNMPTN. Sekolah dengan akreditasi A, katanya, bisa mendaftarkan 40 persen siswanya yang berprestasi sebagai peserta.

"Kemudian sekolah dengan akreditasi B, 25 persen serta sekolah akreditasi C dan lainnya sebanyak 5 persen," urainya.

Staf Khusus Wakil Rektor I UR Dr Rahman Karnila menambahkan pendaftaran SNMPTN bagi siswa yang layak akan dilangsungkan pada 11 Februari hingga 25 Februari 2020. Mereka dapat memilih jurusan sesuai dengan bidang masing-masing, yakni IPA, IPS dan IPC.

Ia mengatakan, jika calon mahasiswa yang tidak bisa mengikuti SNMPTN maka tidak perlu berkecil hati. Masih ada dua seleksi lainnya yang bisa mereka manfaatkan yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi dengan konsep ujian tulis berbasis komputer (UTBK) itu bisa mulai daftar pada 30 Maret hingga 11 April 2019.

"Untuk SBMPTN kita membuka kuota sebesar 40 persen. Persentasenya lebih besar dibanding seleksi lainnya," ujarnya.

Terakhir, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Azhar Kasmi mengatakan jalur masuk yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa adalah seleksi mandiri. Seleksi itu terdiri dari dua jenis yakni penelusuran bibit unggul daerah (PBUD) atau penelusuran bakat minat (PBM) serta seleksi mandiri PTN wilayah Barat.

"Seleksi itu menjadi opsi terakhir bagi calon mahasiswa untuk berebut kursi di perguruan tinggi negeri," tuturnya.

Baca juga: UNRI sumbang teknologi pengolahan sampah di Indragiri Hulu

Baca juga: VIDEO - BEM FKP Unri hibur anak penderita kanker di Pekanbaru