Sri Mulyani ingin kaji terkait wacana empat hari kerja seminggu untuk ASN

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, Sri Mulyani ingin kaji

Sri Mulyani ingin kaji terkait wacana empat hari kerja seminggu untuk ASN

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu (11/12/2019). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih ingin mengkaji secara mendalam terkait adanya wacana pemangkasan jam kerja Aparatur Negeri Sipil (ASN) menjadi empat hari seminggu yang mulai dilakukan uji coba per Januari 2020.

“Kita akan godok dan formulasikan ke dalam lingkungan kita termasuk sisi jam dan hari kerja,” katanya di di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sri Mulyani tegaskan bakal cabut anggaran desa "siluman"

Sri Mulyani mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan sebab dalam Kementerian Keuangan ada beberapa bagian yang memang membutuhkan untuk siaga di kantor selama 24 jam dalam seminggu seperti di pelabuhan.

"Ada bagian yang fleksibel, ada yang harus 24 jam melayani tujuh hari seminggu di pelabuhan misalnya. Maka enggak mungkin dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu ia menegaskan yang terpenting saat ini adalah untuk tetap fokus menjalankan berbagai instruksi presiden dalam menciptakan birokrasi yang melayani secara efisien sekaligus melalui aturan yang simpel sehingga tidak mengganggu kinerja.

"Saya enggak beri tanggapan rencana itu, fokusnya sesuai instruksi presiden jadi kita akan merespons dengan mempelajari ide-ide itu," katanya.

Sementara itu pada Senin (9/12), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menilai tidak perlu penambahan libur ASN dalam rangka untuk mengoptimalkan pelayanan masyarakat.

"Kalau mau mengoptimalkan kinerja ASN melayani masyarakat, mempercepat perizinan, ya mbok jangan banyak-banyak liburnya gitu aja," katanya.

Menurut Tjahjo, libur dua hari seminggu pada Sabtu dan Minggu untuk aparatur sipil negara dinilai sudah cukup serta sebenarnya ASN juga mendapat libur pada momen-momen tertentu juga.

“Bagi kementerian kami jangan banyak-banyak libur lah toh belum hari-hari besar banyak sekali di negara kita belum lagi cuti hamil," ujarnya.

Baca juga: Rektor termuda Indonesia asal Surabaya ini idolakan Sri Mulyani

Baca juga: Sri Mulyani Indrawati sebut pemangkasan suku bunga The Fed bagus untuk ekonomi Indonesia


Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah