Menlu RI Retno Marsudi lakukan pertemuan bilateral di ajang BDF ke-12

id Berita hari ini, beritariau terkini, berita riau antara, menlu RI Retno Marsudi

Menlu RI Retno Marsudi lakukan pertemuan bilateral di ajang BDF ke-12

Menteri Luar negeri RI Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Timor Leste Dionisio Soares (kiri) dalam pertemuan bilateral di sela-sela gelaran Bali Democracy Forum (BDF) ke-12 di Bali, Kamis (5/12/2019). (ANTARA-HO Kemlu)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menggelar pertemuan bilateral dengan menteri dari dua negara tetangga, Timor Leste dan Singapura, secara terpisah di sela-sela ajang Bali Democracy Forum (BDF) ke-12 di Bali, Kamis.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Timor Leste Dionisio Soares, Retno menuturkan bahwa isu yang dibahas adalah mengenai upaya peningkatan di bidang kerja sama ekonomi.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi pastikan tak ada WNI terdampak langsung unjuk rasa Hong Kong

"Indonesia menyampaikan keinginan untuk terus melanjutkan kerja sama, termasuk dalam pembangunan infrastruktur di Timor Leste, karena banyak BUMN kita yang melakukan proyek-proyek di sana," ujar Retno.

Belum lama ini, Indonesia dan Timor Leste menjalin kerja sama untuk konstruksi jembatan Mota Ain di area perbatasan kedua negara. Selain itu, upaya penyelesaian masalah perbatasan darat juga menjadi isu lain yang dibahas dalam pertemuan kedua menteri luar negeri tersebut.

"Soal perbatasan, kita bahas ada beberapa pertemuan yang sudah dilakukan dan akan kembali melakukan pertemuan teknis pada 16 Desember mendatang di Bali juga," kata Retno.

Sementara itu, dalam pertemuan bilateral Indonesia-Singapura, Menlu Retno dan Menteri Urusan Sumber Daya Manusia Singapura Zaky Mohammad berbicara secara khusus mengenai pelatihan vokasi.

"Kami bertukar pandangan bagaimana mengubah mindset pendidikan dari yang cenderung 'lulusan terbaik universitas' menjadi 'lulusan dengan keahlian sesuai perkembangan zaman dan pasar', juga berdiskusi bagaimana cara agar tidak hanya mencetak pencari kerja namun juga pencipta lapangan kerja," ujar Retno.

Baca juga: Retno Marsudi: Indonesia Siap Berkontribusi Proses Perdamaian di Afghanistan

Baca juga: Retno Marsudi akan perkuat diplomasi ekonomi luar negeri Indonesia


Pewarta : Suwanti