Oppo uji coba jaringan teknologi 5G pertama di Indonesia

id Berita hari ini, beritya riau antara, berita riau terkini, oppo

Oppo uji coba jaringan teknologi 5G pertama di Indonesia

Tampilan kecepatan maksimum yang diperoleh Reno 5G saat melakukan uji "speed test". Oppo menggandeng Telkomsel melakukan uji jaringan teknologi generasi kelima di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (28/11/2019). (HO/Oppo Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Oppo bekerja sama dengan operator Telkomsel melakukan uji jaringan teknologi generasi kelima (5G) di Batam, Kepulauan Riau, Kamis.

"Uji jaringan 5G dengan mitra kami Telkomsel di Batam menunjukkan kesiapan Oppo sebagai vendor untuk menyongsong teknologi generasi kelima di Indonesia," ujar CEO Oppo Indonesia Ivan Lau dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Baca juga: 130.000 iPhone 11 ludes terjual saat peluncuran hari pertama di Korea Selatan

"Secara global, uji coba itu juga menjadi perwujudan komitmen kami dalam pengembangan teknologi 5G di dunia," kata Ivan.

Oppo dan Telkomsel melakukan uji panggilan telepon pertama di Indonesia melalui protokol Internet (VoIP) dengan menggunakan perangkat Reno 5G.

Reno 5G merupakan perangkat smartphone komersial pertama Oppo. Perangkat tersebut tersedia pertama kalinya untuk pasar Eropa dan dipasarkan melalui operator Swisscom pada Mei 2019.

Reno 5G merupakan perangkat dengan basis Reno 10x Zoom yang dibekali dengan tambahan modem X50 untuk mendukung konektivitas 5G.

Perjalanan perangkat 5G Oppo dimulai pada April 2015. Pada saat itu, Oppo sudah membentuk tim awal untuk melakukan standardisasi 5G.

Pada Mei 2018, Oppo memperkenalkan demonstrasi video 5G pertama dengan basis 3D structure light.

Oppo juga terus melakukan pengembangan 5G, hingga puncaknya pada Februari 2019 perusahaan teknologi asal China itu berhasil melakukan siaran langsung pertama kali di dunia melalui jaringan 5G.

Kemudian pada bulan yang sama, Oppo memperkenalkan ponsel komersial 5G pada ajang Oppo Innovation Event 2019 di Barcelona, Spanyol.

Oppo menyatakan siap mendukung penuh penerapan jaringan 5G di Indonesia.

Sebagai vendor, Oppo juga mengatakan siap memproduksi perangkat-perangkat yang mendukung jaringan 5G menyusul aturan baku mengenai peredaran perangkat 5G.

Baca juga: Asus luncurkan ZenFone 6 dengan kamera putar flip-up

Baca juga: Samsung Galaxy Fold terjual habis hanya dalam beberapa menit


Pewarta : Arindra Meodia