Bupati paparkan kemajuan pembangunan di Hari Jadi Rohil

id rohil, berita rohil, bupati rohil,pemkab rohil

Bupati paparkan kemajuan pembangunan di Hari Jadi Rohil

Upacara Hari Jadi Kabupaten Rohil ke 20 kala itu dipimpin Bupati Rohil Suyatno. (ANTARA/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau menggelar Upacara Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20 yang dilaksanakan di Taman Budaya Batu Enam Bagansiapiapi,Jumat (4/10/2019) lalu.

Upacara Hari Jadi Kabupaten Rohil ke 20 kala itu dipimpin Bupati Rohil Suyatno. Sementara Ketua DPRD Rohil Maston membacakan sejarah dan kilas balik perjuangan pembentukan Kabupaten Rohil.

Bupati Rohil Suyatno mengatakan, 20 tahun sejak Rohil terbentuk dan terpisah dari Kabupaten Bengkalis, yang merupakan kabupaten induk dari kabupaten dan kota di Riau menyebutkan sudah banyak terjadi kemajuan dan perubahan.

"Banyak sekali kemajuan pembangunan yang telah kita raih. Prestasi-prestasi membanggakan sejak Kabupaten Rohil terbentuk menjadi kabupaten otonom, terpisah dari Kabupaten Bengkalis," kata Suyatno.

Ia menyebutkan, berbagai kemajuan dan pembangunan yang telah dicapai antara lain pembangunan jalan dari Ujung Tanjung ke Bagansiapiapi sudah sangat baik dibanding sebelumnya. Begitu juga dengan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan juga sudah semakin banyak sekolah-sekolah yang dibangun dengan gedung permanen. Kemudian, pembangunan berbagai sarana pemerintahan, saat ini sudah ada kawasan khusus komplek pemerintahan Pemkab Rohil di Batu Enam.

Kabupaten Rohil yang semula lima kecamatan juga semakin berkembang, dengan saat ini menjadi 18 kecamatan. Begitu juga dengan jumlah kepenghuluan dan kelurahan juga semakin berkembang.

"Sekarang ini semua kecamatan di Rohil juga sudah dibangun Puskesmas. Sudah ada puskesmasnya di masing-masing kecamatan. Pelayanan kesehatan juga sudah sampai ke pelosok kepenghuluan. Masyarakat sekarang semakin mudah memperoleh pelayanan kesehatan," jelasnya.
Bupati Rohil Suyatnosaat memberikan penghargaan. (ANTARA/Dedi Dahmudi)


Usai upacara, Bupati Rohil menyerahkan penghargaan kepada para tokoh dan yang mewakili keluarga pejuang pembentukan Kabupaten Rohil.

Adapun para pejuang dan keluarga pejuang Pembentukan Kabupaten Rohil tersebut diantaranya Rusli Effendi, Yusrizal, Abdul Rahman Yani, Rasyid Abizar, Fadlah Sulaiman, Wan Muchtar Noor, Dra Hayati Tatoe, H Azan, Jaafar Kh Rasyid, Masyhur, H Marzuki AR, Haryato SPd, Hendri SE, Syafri Yunan, Lukman Jamil, Aswin SE, Edi Subroto dan H Saipul Anwar.

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung Bupati Rohil. Tidak semua pejuang yang datang langsung menerima penghargaan tersebut. Beberapa diwakilkan sanak keluarga, disebabkan sakit dan sudah tiada.

Selain memberikan penghargaan kepada para pejuang pembentukan Kabupaten Rohil, Suyatno juga memberikan penghargaan kepada Camat teladan se Rohil.

Adapun Camat terbaik se Rohil tahun 2019 dalam rangka Hari Jadi ini, adalah Camat Pekaitan Taryono, Camat Sinaboi Tengku Muhammad Hasyim, dan Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Robi Kurniawan. "Ini sebagai motivasi kepada para camat agar semakin baik dalam melaksanakan kerja," ucap Suyatno. (Advertorial)
Bupati Rohil Suyatnoberfoto bersama. (ANTARA/Dedi Dahmudi)