Pemkab Rohil dan PT Diamond bahas pola kemitraan, begini penjelasannya

id pt diamon raya timber,rohil,berita riau antara,berita riau terbaru

Pemkab Rohil dan PT Diamond bahas pola kemitraan, begini penjelasannya

Bupati Rohil Suyatno, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD rapat bersama PT Diamond Raya Timber di Gedung Daerah Datuk Batu Hampar, Bagansiapiapi pada Selasa (5/11/2019). (ANTARA/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Pemkab Rokan Hilir (Rohil), Riau kembali menggelar rapat bersama PT Diamond Raya Timber guna membahas pola kemitraan hingga infrastruktur jalan yang dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Batu Hampar, Bagansiapiapi, Selasa (5/11).

"Hari ini kita melaksanakan rapat untuk yang kesekian kalinya dengan perusahaan PT Diamond Raya Timber," kata Bupati Rohil, Suyatno usai rapat bersama PT Diamond Raya Timber.

Bupati menjelaskan, ada tiga poin yang dibahas dalam rapat itu, pertama menyangkut regulasi yang lima persen. Dimana dulunya sudah dilakukan nota kesepahaman (MoU) antara perusahaan galangan kapal dan PT Diamond, juga dari pemerintah daerah melalui Dinas Kehutanan yang sampai hari ini belum ada realisasinya.

"Tapi intinya dalam rapat itu PT Diamond membuka peluang juga untuk perusahaan galangan kapal. Hasil kesepakatannya hanya menunggu, hanya tinggal komunikasi lagi. Ya mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh perusahaan galangan kapal itu akan tercapai," ucapnya.

Kemudian yang kedua membahas masalah jalan Dumai-Sinaboi yang merupakan ruas jalan provinsi. Persoalan ini, kata Suyatno, juga sudah dibicarakan panjang lebar terkait dengan program pembangunan infrastruktur jalan Dumai-Sinaboi.

"Nah, bilamana izin pinjam pakai keluar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saya pikir ya daerah ini akan berkembang dan maju," tuturnya.

Poin yang terakhir, lanjut dia, membahas terkait kasus yang terjadi bulan Mei kemarin, yaitu ada pembakaran. Akibat daripada itu terjadi kebakaran dua orang warga yang ada di Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi meninggal dunia.

"Hasil dalam rapat itu PT Diamond membuka pintu lagi, ada pola kemitraan yang sudah ditawarkan oleh pihak Diamond. Dan ini sesuai dengan program Bapak Presiden dan juga ada aturan yang mengatur. Seperti Dumai sudah dilaksanakan program 60 40 itu, ya program kemitraan," kata Suyatno.

Pemkab Rohil pun menyepakati program kemitraan dan akan menindaklanjutinya. "Tentunya dari pihak pemerintah daerah akan mengumpulkan lagi masyarakat yang ada di Kepenghuluan Darussalam untuk kita diskusikan lagi dengan dinas-dinas yang terkait," tambah dia.

Rapat kala itu turut dihadiri Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi, Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustofa, mewakili Kejaksaan, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Camat Sinaboi Tengku Hasyim dan Datuk Penghulu.

Baca juga: Pilkada Rohil, Jhony Charles orang pertama kembalikan formulir pendaftaran di PKS

Baca juga: Muhammad Maliki paparkan visi misi di Partai NasDem Rohil