Atasi pembobolan pipa dan pencurian fasilitas produksi, SKK Migas-PT CPI curhat ke Polda Riau

id PT CPI, SKK Migas,Chevron,blok rokan

Atasi pembobolan pipa dan pencurian fasilitas produksi, SKK Migas-PT CPI curhat ke Polda Riau

(kiri-kanan) GM Corporate Affairs PT CPI Sukamto Tamrin, GM Security PT CPI Akson Brahmantyo, Executive Director PT CPI Don Stelling, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kepala Departemen Operasi SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri, Manager Security PT CPI Rudi Permadi, Team Manager TNI/Polri Relation PT CPI Dijan Judha Pramukanta saat berada di Mapolda Riau, 30 Oktober 2019. (ANTARA/HO-PT CPI)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut yang diwakili Kepala Departemen Operasi Haryanto Syafri bersama Executive Director PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) Donald R Stelling melakukan kunjungan ke Markas Polda Riau, Rabu (30/10).

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menerima langsung kunjungan tersebut dengan didampingi Direktur Reskrimum Polda Riau Kombes Pol Hadi Purwanto, Direktur Reskrimsus AKBP Andri Sudarmadi, Direktur Pamobvit AKBP Dolifar Manurung dan Dansat Brimob Kombes Pol Abdul Hasyim. Sedangkan dari PT CPI turut hadir General Manager Corporate Affairs Assets Sukamto Tamrin dan General Manager Security Akson Brahmantyo.

Dalam kesempatan itu, Haryanto Syafri dan Donald R Stelling mengucapkan selamat atas dilantiknya Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjadi Kapolda Riau pada 3 Oktober 2019 lalu. SKK Migas dan PT CPI kemudian memberikan paparan mengenai kegiatan operasi migas dan tantangannya ke depan.

Haryanto mengatakan PT CPI adalah kontraktor signifikan yang memasok seperempat dari target produksi nasional di Indonesia. Dalam menjalankan operasinya guna memenuhi target nasional tersebut PT CPI menemui beberapa kendala antara lain pembobolan pipa (illegal tapping) dan pencurian fasilitas operasi di wilayah kerja di Blok Rokan.

Untuk mendukung pengamanan, sudah ada Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pengamanan yang ditandatangani oleh SKK Migas dengan Polda Riau yang berlaku sejak pertengahan 2018. Sedangkan penanggulangan dan pengungkapan pencurian dan illegal tapping telah dibentuk Satgas Polda Riau dan PT CPI sejak awal Mei 2019.

"Sejak diaktifkannya PKS dan Satgas, jumlah kasus pencurian fasilitas operasi di wilayah Blok Rokan menurun cukup drastis sebesar kurang lebih 80 persen sejak Maret 2019 hingga Oktober 2019, yang juga diikuti oleh menurunnya dampak Loss Production Opportunity (LPO) sebesar kurang lebih 85 persen untuk periode yang sama. Sehingga kelanjutan bantuan dan dukungan Kapolda Riau untuk keamanan dan pengungkapan kasus sangat kami harapkan," lanjut Haryanto.

General Manager Security PT CPI Akson Bramantyo menambahkan bahwa kerja sama PT CPI dengan Polda Riau selama ini sudah sangat baik. Dia juga berterimakasih atas kerja keras Satgas Gakum yang dipimpin oleh Direktur Reskrimum Polda Riau Kombes Pol Hady Poerwanto.

"Kami berharap dapat terus mendapat dukungan dari Polda Riau untuk mengungkap kasus ini hingga tuntas. Karena selain kerugian finansial yang diterima negara, terdapat risiko keselamatan manusia dan lingkungan atas tindakan pencurian tersebut," ungkap Akson.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi pada kesempatan itu menyampaikan komitmennya untuk menyelesaikan dan mengungkap kasus-kasus pencurian dan illegal tapping, secara tuntas. Kemudian meminta kesiapan SKK Migas dan PT CPI untuk menyempurnakan PKS dan Satgas.

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Chevron luncurkan hijab khusus lindungi pegawai perempuan

Baca juga: SKK Migas dan Chevron jalin kerja sama Kodam I/Bukit Barisan

Baca juga: Hadirkan pelatihan Autocad-Electrical di Unilak, Chevron berikan 20 komputer