Pusdiklat Nasional perkuat pembekalan 22 tenaga medis RS

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Pusdiklat

Pusdiklat Nasional perkuat pembekalan 22 tenaga medis RS

Diklat keselamatan (Pasien Safety) digelar pada 23-24 Oktober 2019, di hotel Furaya Pekanbaru, diikuti 22 peserta beragam profesi seperti dokter spesialis, mulai berasal dari RSUD Puri Husada dan RS 3 M Tembilahan, dari dokter spesialis bedah, spesialis anak, perawat dan lainnya. (Riau.Antaranews/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Pusat Diklat Nasional menggelar pendidikan dan pelatihan keselamatan (Pasien Safety) untuk memperkuat pembekalan bagi 22 tenaga medis berasal dari RSUD Puri Husada, Tembilahan, Kabupaten Inderagiri Hilir, dan RS 3 M Tembilahan, guna memenuhi tuntutan akreditasi rumah sakit.

"Akreditasi RSUD Puri Husada Tembilahan kini sudah memperoleh Bintang IV atau Utama namun demikian akreditasi ini bisa terus meningkat jika bisa memenuhi persyaratannya sehingga Diklat digelar pada 23-24 Oktober 2019 sangat dibutuhkan," kata Kepala Bidang Keperawatan RSUD Puri Husada Inhil, Mario Lestari Alena Latif, SKM di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Mario, untuk memenuhi standar akreditasi sekaligus dalam rangka meningkatkan status akreditasi RS maka Direktur RSUD wajib mengikuti APAR, PMKS, SKP dan K3.

Untuk itu, katanya menyebutkan dengan digelarnya Diklat keselamatan (Pasien Safety) oleh Pusdiknas ini sangat menguntungkan apalagi digelar di Kota Pekanbaru yang bisa menghemat biaya transportasi dan peserta yang diikutkan bisa lebih banyak.

"Sejumlah Diklat yang digelar Pusdiknas, terkait upaya pemenuhan akreditasi RS akan kita ikuti, yang penting bisa digelar di Kota Padang Provinsi Sumbar atau di Kota Pekanbaru, Riau, seperti Diklat APAR, PMKS, SKP dan K3 itu, karena lebih dekat jarak tempuh lokasi penyelengaraannya," katanya.

Bisa jadi, katanya, Pusdiknas bekerjasama dengan Persi Riau untuk menggelar Diklat serupa, dan tentunya RS wajib mengikutinya munkin yang bakal dikirim pelatihan lebih dari lima orang khusus dari RSUD Puri Husada.

Sementara itu dalam rangka meningkatkan mutu dan keselamatan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan rumah sakit, maka Pusat Diklat Nasional memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Pasien Safety di lingkungan RSUD Puri Husada dan dari RS 3M tembilahan, dengan tujuan meningkatnya mutu dan keselamatan pasien di RS.

Selain itu menurunkan kejadian tidak diinginkan di RS, diklat digelar agar terlaksananya program-program pencegahan sehingga tidak terjadi lagi pengulangan kejadian tidak diinginkan.

Sebagai nara sumber dalam acara ini, yakni Bela Pertiwi, S.Kep., Ners., M. dari RSUD Sumatera Selatan.

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar