Riau akan bangun gedung sentra kreatif

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, Riau akan bangun

Riau akan bangun gedung sentra kreatif

Gubenur Riau Syamsuar, bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, didampingi Endah Wahyu Sulistianti, Deputi Hubungan antar Lembaga dan Wilayah, Badan ekonomi kreatif, menghadiri acara Sosialisasi Peraturan Presiden no 142 tahun 2018 tentang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional tahun 2018-2025 yang diikuti oleh 450 peserta asal Provinsi Sumatera dan Kalimantan, di Pekanbaru, Selasa (15/10). (Riau.Antaranews/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau, Syamsuar, berjanji akan sediakan gedung sentra kreatif sebagai wadah promosi ekonomi kreatif di Riau dan gedung ini akan diberi nama "Riau Creative Hub".

"Kita sedang mempersiapkan Riau Creative Hub. DED (Detail Engineering Design) dari gedung ini akan bisa dilihat di 2020," jelas Syamsuar di Pekanbaru, Selasa.

Syamsuar menjelaskan, itu dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden no 142 tahun 2018 tentang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional tahun 2018-2025 yang diikuti oleh 450 peserta asal Provinsi Sumatera dan Kalimantan digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI.

Menurut dia, gedung sentra kreatif ini sudah ada di Bandung, yaitu Bandung Creative Hub dan Riau akan menyontoh keberadaan gedung seperti di provinsi yang yang kaya dengan aneka produksi industri kreatif itu.

Ia mengatakan, saat ini Riau memiliki tiga subsektor dari enam belas subsektor ekonomi kreatif yang sedang berkembang, yaitu kuliner, kriya, dan fashion. Sedangkan untuk sektor-sektor lain juga berkembang, namun tidak terekspos.

"Tapi mulai hari ini, kita akan lebih galakkan dan kembangkan. Sektor-sektor lain juga harus terlihat perkembangannya.

Apalagi kita sudah punya Komisi Film Daerah (KFD) di Siak yang menjadi percontohan nasional," jelas Syamsuar.

Apalagi dengan adanya payung hukum UU industri kreatif ini, maka Pemprov Riau juga akan memberikan dukungan anggaran selain diharapkan tentunya juga bantuan kabupaten dan kota.

Selain itu Pemprov membentuk Badan Riau Creative Network (BRCN), sebuah wadah yang menampung kreativitas dan aktivitas komunitas pelaku ekonomi kreatif, bahkan BRCN sudah banyak mengikuti kegiatan Bekraf tingkat nasional dan di daerah lain.