Serangan udara Turki di Kota Ras al Ain Suriah tewaskan 14 orang

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,serangan udara

Serangan udara Turki di Kota Ras al Ain Suriah tewaskan 14 orang

Asap muncul akibat ledakan saat terjadi serangan oleh pasukan pimpinan Turki di Tel Abyad, Suriah, Minggu (13/10/2019), dalam gambar yang diambil dari Akcakale, Turki. (Reuters)

Beirut (ANTARA) - Observatorium HAM untuk Suriah melaporkan serangan udara Turki terhadap konvoi di Kota Ras al Ain, Suriah, menewaskan 14 orang, termasuk lima warga sipil, dan melukai 10 orang lainnya pada Minggu (13/10).

Direktur Observatorium Rami Abdulrahman menyatakan serangan tersebut menghantam sekelompok warga sipil yang datang ke Kota Ras al Ain untuk menunjukkan dukungan saat kota tersebut menjadi sasaran pasukan Turki, yang menyerang pasukan pimpinan Kurdi di utara Suriah. Mereka berasal dari Kota Qamishli

Baca juga: Tiga orang terluka akibat serangan udara Israel ke kota Gaza

Baca juga: Arab Saudi buka zona logistik di Jeddah untuk penanam modal swasta

Sejumlah wartawan asing berada di konvoi tersebut saat serangan terjadi, menurut wartawan lembaga penyiar Prancis France 2.

"Suriah. Kami berada di konvoi sipil Kurdi yang dijadikan serangan pasukan Turki dan sekutu mereka di Ras al Ain," cuit Stephanie Perez di Twiitter. "Tim kami selamat, namun beberapa kolega meninggal."

Tidak ada penjelasan tentang kolega yang dimaksud.

France 2 menayangkan rekaman insiden yang menunjukkan warga sipil berbaur dengan Pasukan Demokratik Suriah dukungan Kurdi (SDF) yang hendak menuju Ras al Ain.

Gambar tersebut, yang diambil dari jarak sekitar 10 km dari kota itu, memperlihatkan mayat-mayat berserakan, sejumlah kendaraan lapis baja terbakar serta truk dan bangunan lainnya hancur.

Penyataan SDF menyatakan "pasukan invasi" Turki menargetkan konvoi sipil dengan jurnalis media internasional yang menuju Ras al Ain, yang dikawal oleh petempur mereka untuk "menyuarakan penolakannya terhadap invasi Turki."

Pihaknya mengatakan "puluhan warga sipil tewas dan mengalami luka."

Baca juga: Israel bombardir ke Jalur Gaza

Baca juga: 43 Warga Sipil Suriah Tewas Akibat Serangan Udara


Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari