Aktris senior peraih Oscar Jane Fonda diciduk polisi

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Aktris senior

Aktris senior peraih Oscar Jane Fonda diciduk polisi

Jane Fonda tampak diciduk polisi saat tengah demo di Washington, AS (11/10/2019) (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Aktris senior Jane Fonda (81) ditangkap polisi saat tengah melakukan demonstrasi perubahan iklim di depan gedung Capitol di Capitol Hill, Washington, Amerika Serikat, Jumat (11/10).

Meski akhirnya dibebaskan, aktris peraih Oscar dan aktivis penentang Perang Vietnam itu berniat akan menggelar aksi yang sama setiap hari Jumat selama setahun ini.

Baca juga: Kristen Stewart ingin aktris Jean Seberg dikenal lebih dari sekadar rambut pendeknya

Fonda, menurut laporan New York Times, menjadi salah satu di antara 16 orang yang didakwa melakukan demonstrasi di sisi Timur gedung Capitol, sebuah pelanggaran hukum di bawah hukum Washington yang melarang pengunjuk rasa menghalangi pintu masuk gedung publik, kata Kepolisian Capitol.

Dia baru saja selesai berorasi saat dia tiba-tiba ditahan pada pukul 11:50 pagi waktu setempat.

Dengan latar belakang Capitol Dome, Fonda mengatakan dia ingin menunjukkan solidaritas dengan para pendemo perubahan iklim muda seperti Greta Thunberg, remaja Swedia yang berlayar melintasi Samudra Atlantik dengan kapal pesiar bebas emisi untuk menarik perhatian pada pemanasan global.

Dia mengatakan dia menjadi terinspirasi setelah membaca buku terlaris "On Fire: The (Burning) Case for Green New Deal" oleh Naomi Klein tentang perubahan iklim selama akhir pekan Hari Buruh.

"Kita harus memastikan bahwa krisis iklim tetap di depan dan di tengah," kata Fonda. "Aku merasa kurang melakukan sesuatu."

Fonda bersumpah untuk kembali ke Capitol, mengatakan bahwa dia akan pindah ke Washington selama empat bulan ke depan karena perasaan urgensi dan kemarahan moral.

"Ideologi beracun yang sama yang mengambil tanah ini dari orang-orang yang sudah tinggal di sini, yang menculik orang-orang dari Afrika, menjadikan mereka budak untuk bekerja di tanah curian, membenarkannya dengan mengatakan bahwa orang-orang yang diculik dan dipindahkan bukan manusia, memangkas hutan dan kehabisan dunia alami seperti yang terjadi pada orang-orang - ideologi dasar ini adalah sama yang telah membawa kita pada perubahan iklim berbasis manusia yang kita hadapi saat ini," katanya.

Penangkapan aktris terbaik Academy Award dua kali itu mengenang aktivisme liberal yang dilancarkannya selama 1960-an dan 1970-an, di mana dia menerima pujian dan kritik selama beberapa dekade.

Bintang yang tenar lewat video-video senam kebugaran itu selama ini aktif di Black Panthers yakni organisasi politik yang memperjuangkan warga kulit hitam Amerika Serikat.

Fonda juga menginisiasi rombongan vaudeville bersama rekan aktor Donald Sutherland sebagai alternatif untuk pertunjukan Bob Hope yang disponsori oleh AS untuk menghibur tentara.

Kunjungan Fonda tahun 1972 ke Vietnam Utara, tempat ia mendesak para pilot Amerika untuk menghentikan pemboman selama perang, membuatnya mendapat julukan merendahkan "Hanoi Jane."

Fonda, yang menggunakan mikrofon pada hari Jumat untuk menyemangati para demonstran, mengatakan kelompok itu berusaha membujuk anggota parlemen untuk mendukung Green New Deal, inisiatif lingkungan yang diusulkan oleh Perwakilan Alexandria Ocasio-Cortez, Demokrat New York, yang menyerukannet-zerocarbon Ekonomi Amerika Serikat pada tahun 2050.

Para demonstran juga ingin menekan Kongres untuk mengakhiri eksplorasi bahan bakar fosil dan "menghapus fase" infrastruktur bahan bakar fosil, kata Fonda, yang menambahkan bahwa layak untuk menemukan pekerja industri bahan bakar fosil sebanding dengan pekerjaan yang dibayar di sektor energi terbarukan .

Fonda menghadapi ancaman denda 250 dolar hingga 90 hari penjara jika terbukti melakukan demonstrasi yang melanggar hukum.

Agennya tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Jumat.

Baca juga: Empat fakta Jung So Min, aktris Korea "Hundred Million Stars From the Sky"

Baca juga: Aktris Marsha Aruan berbagi tips tampil modis untuk pemilik tubuh mungil


Pewarta: Ida Nurcahyani

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar