Rangkaian hari jadi ke-20, Dekranasda dan RAPP gelar Festival Batik Siak

id hari jadi siak, PT RAPP, pemkab siak, siak

Rangkaian hari jadi ke-20, Dekranasda dan RAPP gelar Festival Batik Siak

Peserta Festival Batik Siak. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Siak bersama Perusahaan Kertas PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menggelar Festival Batik sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Siak ke-20 yang jatuh pada 12 Oktober mendatang.

"Kegiatan ini dalam rangka mengenalkan sekaligus mempromosikan Batik Siak pada masyarakat luas. Terimakasih kepada PT RAPP yang sudah menyalurkan program tanggungjawab sosial perusahaannya kepada Dekranasda Siak," kata Ketua Dekranasda Siak Rasidah Alfedri, Rabu.

Kegiatan Festival Batik Siak ini dibuka oleh Bupati Siak Alfedri bertempat di Taman Tengku Agung atau di bawah jembatan Sultanah Latifah Agung. Berbagai kegiatan perlombaan yang berkaitan dengan membatik disajikanseperti desain motif, membatik massal untuk pelajar dan anak-anak usia dini serta peragaan busana.

BupatiAlfedri berharap kegiatan promosi ini dilakukan secara berkelanjutan karena Siak memiliki ciri khas batik tersendiri yang juga tidak kalah dengan daerah lain. Jika ini dikembangkan dengan baik dan benar, makadapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Apalagi jika 70 persen saja masyarakat Siak yang dalam kesehariannya mengenakan batik, tentunya akan sangat membantu perajin dalam meningkatkan produksinya," sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama juga, SHR Manager PT RAPP, Syamsuria M Hasyim menyebutkan PT RAPP memiliki lima wilayah operasi di Riau dan salah satunya di Kabupaten Siak. Untuk kerajinan RAPP juga sudah memiliki Rumah Batik Andalan yang didirikan 12 tahun silam oleh Sukanto Tanoto.

"Tentunya membatik yang sudah dijalankan juga sama dengan apa yang Rumah Batik Andalan PT RAPP lakukan selama ini. Untuk itu kami sangat mendukung sekali kegiatan membatik yang dilakukan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Siak melalui Dekranasda Siak," kata Syamsuria.

Rumah Batik Andalan PT RAPP katanya sudah memiliki 28 perajin batik yang direkrut dari daerah-daerah di sekitar pabrik wilayah operasi. Mereka merupakan masyarakat tempatan dari ekonomi lemah yang kemudian, kehidupan perekonomiannya menjadi meningkat.

"Bahkan beberapa dari pengrajin batik Rumah Batik Andalan ini mampu mensekolahkan anaknya hingga sarjana. Dengan adanya bukti nyata itu kami siap memberikan kontribusi dan saling bersinergi dengan organisasi Dekranasda untuk membantu memberikan bantuan alat membatik kepada pengrajin di Siak," sebutnya.

Tak hanya itu saja, PT RAPP juga bisa memberikan bantuan modal usaha kepada pengrajin batik khususnya yang kualitas batiknya bagus."Seperti apa yang sudah kami berikan untuk pembatik dari Kecamatan Dayun Siak," ujarnya lagi dengan yakin banyak bibit-bibit pembatik kreatif berasal dari Kabupaten Siak. (adv)