Sah, Irjen Pol Agung Setya menjadi Kapolda Riau

id Paulus waterpauw,Agung setya,Merdisyam,papua terkini,kapolda sultra, kapolda riau, kapolda papua, kapolri

Sah, Irjen Pol Agung Setya menjadi Kapolda Riau

Upacara serah terima jabatan Kapolda Papua, Kapolda Riau dan Kapolda Sultra di Mabes Polri, Jakarta, Senin (30/9/2019). (ANTARA/Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi resmi menjabat sebagai Kapolda Riauusai dilantik dalam upacara serah terima jabatan di Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Upacara dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Eks-Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo bertukar jabatan dengan Agung Setya, sebagai Pati Baintelkam Polri penugasan pada BIN.

Selain melantik Paulus, Kapolri Tito juga melantik dua kapolda baru lainnya, yakniIrjen Pol Paulus Waterpauw resmi menjabat (kembali) sebagai Kapolda Papua dan Brigjen Pol Merdisyam sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara.

Paulus menggantikan Irjen Pol Rudolf Albert Rodja yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Sementara eks-Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto dimutasi sebagai Irwil III Itwasum Polri.

Ada setumpuk tugas yang menanti tiga kapolda baru ini. Irjen Pol Paulus diharapkan mampu menstabilkan situasi keamanan di Papua pascaterjadinya demonstrasi berujung anarkis di Wamena, Papua.

Sementara persoalan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah kabupaten di Provinsi Riau yang hingga kini belum kunjung selesai diharapkan mampu diatasi oleh Irjen Pol Agung Setya.

Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi sorotan pemberitaan setelah dua mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari meninggal dunia pascamengikuti demonstrasi menolak RUU KUHP dan RUU KPK pada Kamis 26 September 2019.

Brigjen Merdisyam sebagai Kapolda Sultra baru diharapkan mampu mengembalikan kondusivitas keamanan di Sultra.

Baca juga: WALHI : pekerjaan rumah besar tunggu Kapolda Riau baru

Baca juga: Kapolda Riau yang baru. Asa membongkar Karhutla dengan vaksin

Baca juga: Sepak terjang Kapolda Riau sebelum dicopot