26 anak Papua terima beasiswa belajar ke Rusia

id 26 pelajar, Papua, belajar, beasiswa, Ruaia

26 anak Papua terima beasiswa belajar ke Rusia

Sebanyak 26 siswa asal Papua mendapatkan beasiswa untuk belajar ke Rusia, Sabtu (28/9/2019). Mereka dikirim oleh Papua Language Institute (PLI) dan mendapatkan beasiswa Pemprov Papua. (ANTARA/HO-dok)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 26 anak asli Papua mendapatkan beasiswa untuk belajar ke Rusia, yang dilepas oleh Gubernur PapuaLukas Enembedi Kota Jayapura, Papua, Sabtu (28/9).

"Hal ini menjadi angin segar di tengah-tengah berita-berita panas terkait apa yang terjadi di Tanah Air saat ini, khususnya di Papua dan Papua Barat," kata pendiri Papua Language Institute (PLI)Samuel Tabuni dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Ia menilai pemerintah Papua telah menunjukkan keseriusan dan komitmennya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Papua.

Hasilnya, anak-anak Papua dapat bersekolah di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Inggris, Kanada, dan Tiongkok.

Pemberian beasiswa itu tidak terlepas dari peran penting Papua Language Institute (PLI). Organisasi ini yang terus mendorong dan memfasilitasi program pengiriman anak-anak Papua untuk belajar ke luar negeri.

Samuel merupakan salah satu tokoh berjasa sebagai penasihat di balik Pergerakan Papua Muda Inspiratif, di mana dia memegang posisi sebagai Penasihat Umum. Sam, sapaan Samuel, mendorong anak-anak Papua untuk berprestasi dan terus menginspirasi.

Selain Sam, Gerakan Papua Muda Inspiratif juga terinspirasi dari kisah hidup anak-anak pedalaman yang berprestasi lainnya. Mereka antara lain Billy Mambrasar, George Septinus Saa, Yane Ansanay, Neas Wanimbo, Karlos Paisey, Mey Osok, dan Nani Uswanas.

"Gerakan Papua Muda Inspiratif ini menjadi wadah untuk merangsang prestasi anak-anak Papua. Gerakan ini juga untuk menginspirasi anak-anak Papua untuk dapat maju bersama," ujar Sam.

Baca juga: Kapolda Riau dimutasi. Terkait Karhutla?

Sam juga salah satu pelopor pengembangan kualitas internasional anak-anak Papua. Samuel Tabuni adalah pemuda asli Papua yang berasal dari Nduga, wilayah di Pegunungan Tengah, Provinsi Papua, dan merupakan anak adat wilayah La Pago.

Para pelopor dan pendiri Gerakan Papua Muda Inspiratif baru saja bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi memberikan dukungan penuh dalam membangun SDM Papua yang inovatif di era Revolusi Industri 4.0 saat ini.

"Saya ingin melihat lebih banyak lagi sosok anak-anak Papua yang maju dan berkembang. Itu adalah visi dari pendirian Papua Language Institute,” ujar Sam.

Sejak didirikan beberapa tahun silam, PLI telah mengirimkan ratusan anak-anak asli Papua untuk mengenyam pendidikan ke berbagai negara di dunia.

"Impian saya adalah dapat berkontribusi bagi pembangunan dan pengembangan SDM Papua ke depan agar tercapai kesejahteraan," kata Sam.

Sementara, tokoh pemuda Papua Barat yang juga pendiri Kitong Bisa, Billy Mambrasar mengucapkan terima kasih kepada PLI dan khususnya Sam Tabuni.

'Saya ucapkan terima kasih kepada Kaka Sam Tabuni dan Gubernur Papua yang telah mendorong dan mendidik anak-anak Papua untuk terus maju selama ini," ujar Billy.

Dia mengaku sangat mengagumi sosok Sam Tabuni dan Gubernur Lukas Enembe. "Mari kita doakan agar Kaka Sam Tabuni dan anak-anak muda Papua berprestasi lainnya bisa terus membangun Indonesia dengan penuh cinta dan kasih," ujarnya.

Baca juga: Papua Terkini - Korban tewas akibat kericuhan di Wamena menjadi 30 orang