Karhutla Riau - Menkes minta Dinkes siaga layani masyarakat korban asap

id Kebakaran hutan,Asap kebakaran hutan,Karhutla,Kabut asap riau,kebakaran hutan,kebakaran hutan dan lahan,asap karhutla,ka,kabut asap, karhutla riau, ri

Karhutla Riau - Menkes minta Dinkes siaga layani masyarakat korban asap

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama.

Sragen (ANTARA) - Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta Dinas Kesehatan di sejumlah wilayah terdampak asap kebakaran hutan dan lahanbersiaga guna melayani masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan karena asap karhutla.

Dalam siaran pers yang diterima, Selasa, MenkesNila menginstruksikan kepada pihak Dinkes untuk menyiagakan seluruh puskesmas yang ada dalam menangani berbagai penyakit akibat asap karhutla.

"Puskesmas menjadi fasilitas pertama yang siaga melayani warga terdampak karhutla. Pencegahan sebelum terjadinya hal yang tak diinginkan harus dilakukan terutama bagi masyarakat yang terserang ISPA," kata dia.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, jumlah warga terdampakasap karhutla yang mengeluhkan ISPA dan ditangani oleh tenaga kesehatan di Provinsi Riau tercatat 16.372 orang.

Menkes Nila menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Riau yang juga diikuti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Rapat terbatas di lokasi karhutla tersebut dalam rangka koordinasi penanganan masalah karhutla.

Topik yang dibahas dalam rapatdi antaranya terkait dengan pencegahan karhutla yang harus dilakukan dan didukung oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemerintah memiliki perangkat untuk mencegah karhutla yang terjadi di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Kementerian Kesehatan telah memberikan bantuan alat penjernih udara kepada Dinkes Provinsi Riau. Selain itu, pemerintah daerah juga menyediakan Rumah Singgah/Posko Pengungsian Dampak Asap di Aula Bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, pelayanan kesehatan kepada warga di wilayah kerja Dinkes Pelalawan, dan pembagian masker oleh Dinkes Pekanbaru.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengimbau masyarakat di wilayah terdampak asap karhutla untuk memanfaatkan pos kesehatan bila terasa sesak.

Pos kesehatan telah disediakan di masing-masing wilayah. Untuk sementara, jumlah pos kesehatan yang diterima Kemenkes, di antaranya 15 pos di Palangkaraya, 39 pos di Jambi, dan menyiagakan 168 puskesmas, 16 pos di Kalimantan Selatan.

Kementerian Kesehatan juga mengimbau seluruh RS mendirikan pos kesehatan dan seluruh puskesmas disiagakan.

Baca juga: Karhutla Riau - Pekanbaru berasap pekat saat Presiden Jokowi shalat minta hujan

Baca juga: Karhutla Riau - Jokowi tegur Pemda Riau tak serius dukung penanganan Karhutla

Baca juga: Karhutla Riau - Kapolri bentuk tim tangani Gakkum Karhutla