Buka Musda III IKMR Siak, Alfedri minta ada terobosan

id IKMR, minang siak

Buka Musda III IKMR Siak, Alfedri minta ada terobosan

Bupati Siak Alfedri foto bersama di Musda III IKMR Siak.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri membuka Musyawarah Daerah III Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) wilayah setempat dan berharap organisasi paguyuban ini melakukan terobosan ke depannya.

"Kami mengapresiasi dengan adanya musda ini. Di sini tertumpah harapan untuk mewujudkan cita-cita organisasi dan anggota," kata Alfedri dalam kegiatan di Hotel Grand Royal Siak, Minggu.

Menurutnya IKMR adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang besar di Siak. Itu karena organisasinya sudah hampir ada di semua kecamatan di Siak dan bahkan sudah masuk kampung dan kelurahan.

Oleh sebab itu dia berharap IKMR Siak semakin mapandan hadir di hati anggota dan masyarakat Riau. Hal itu dengan mengedepankan prinsip kebersamaan dan profesionalisme dalam hal pembiayaan maupun penyusunan program.

"Harus ada upaya mempertahankan yang sudah ada dan mencari yang belum tersentuh. Membuat hal yang baru, harus ada terobosan yang akan dibuat pengurus yang baru," ujarnya.

Dia mencontohkan seperti membuat koperasi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota. Tapi harus Syariah karena saat ini di Siak sedang masa hijrah 179 koperasi didorong untuk menerapkan hal tersebut.

Dalam Musda ini Perwakilan dari IKMR tingkat provinsi dalam hal ini diwakili Sekretaris Umum, Marjoni Hendri. Dalam kesempatan tersebut dia menyampaikan pesan Ketua Umum Basrizal Koto dan Wakil Ketum Jon Erizal.

"Dari Pak Ketum Basrizal Koto dan Waketum Jon Erizalmenyampaikan kepada 'Dun Sanak' (saudara) untuk bermusyawarahlah dengan baik. IKMR adalah organisasi berbasis kekeluargaan," ungkapnya.

Dia menyampaikan bahwa saat ini sudah ada54 IKMR di kabupaten/kota di Riau. Siak, lanjutnya adalah kecamatan dengan IKMR terbanyak yakni 12 dan satu yang belum aktif.

"Kita harap bupati bisa membimbing organisasi IKMR lebih baik dari sebelumnya. Kalau orang merantau ada istilahnya Induk Semang dicari dahulu, Kalau bisa Pak Bupati Alfedri menjadi Induk Semang di sini," tambahnya.

Ketua Panitia Musda, WihartimKamal mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memilih ketua dan formatur serta menyusun program kerja kepengurusan 2019-2024.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar