PAN Siapkan Dua Kader Maju Pilkada Dumai 2020

id PAN dumai, pilkada dumai,berita PAN terbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

PAN Siapkan Dua Kader Maju Pilkada Dumai 2020

Logo PAN (istimewa)

Dumai (ANTARA) - Pengurus Daerah Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai siapkan dua kader terbaik untuk maju bersaing dalam pemilihan kepala daerah Tahun 2020 depan, yaitu Zainal Abidin dan Sunaryo.

Zainal Abidin merupakan Anggota DPRD periode 2009-2014 dan 2014-2019 dengan posisi Wakil Ketua DPRD Dumai saat ini, sedangkan Sunaryo pernah Wakil Wali Kota Dumai periode 2005-2010, dan bakal dua periode duduk sebagai DPRD Provinsi Riau sejak 2014 hingga 2024.

Ketua PAN Dumai Hasrizal mengatakan, dua nama disiapkan ini merupakan kader terbaik partai untuk diunggulkan dalam Pilkada 2020 dan nanti akan bersaing dibuka penjaringan terbuka untuk umum.

"Dua nama dari kader partai kita siapkan untuk maju pilkada dan mereka tetap harus bersaing dalam penjaringan nanti, dan terbuka juga untuk masyarakat umum yang berminat," kata Hasrizal, Senin.

Menurut nya, dua nama diunggulkan ini tetap harus mengikuti sistem dan mekanisme penjaringan yang dijalankan partai untuk menentukan bakal calon diusung.

Untuk mengusung calon kepala daerah, PAN tidak bisa sendiri dan harus koalisi dengan partai politik lain, karena syarat minimal enam kursi di lembaga legislatif, sedangkan PAN hanya meraih tiga kursi hasil Pemilu 2019.

"Kita harus koalisi dengan partai lain karena kurang kecukupan kursi di dewan, minimal harus enam," sebut Hasrizal yang merupakan Anggota DPRD Dumai lima periode ini.

Sejauh ini PAN masih terbuka dan terus menjalin komunikasi politik dengan partai lain untuk penjajakan dan kesepakatan koalisi, namun belum ke tahap lebih serius.

Sementara, Zainal Abidin dikonfirmasi menyatakan kesiapan untuk maju dalam Pilkada 2020 nanti, dan selain pengalaman dua periode di keanggotaan legislatif, modal lain adalah juga ingin membangun Dumai lebih bermartabat dan madani.

Keinginan maju calon kepala daerah, agar berbagai persoalan yang komplek dan diperlukan solusi bisa diselesaikan cepat, misal, penyediaan infrastruktur dasar, air bersih, penempatan tenaga kerja lokal, penyelenggaraan pemerintah daerah dan lain sebagainya.

"Sangat siap untuk maju dalam pilkada, karena memandang banyak persoalan dumai yang harus dicari penyelesaian bersama," kata Zainal.

Baca juga: PAN akan dukung kebijakan pemerintahan Jokowi

Baca juga: Amien Rais sebut PAN oposisi lebih bermartabat