Disdik Dumai dorong pelibatan keluarga bantu pendidikan

id disdik dumai,Kota Dumai, pendidikan Dumai

Disdik Dumai dorong pelibatan keluarga bantu pendidikan

Ilustrasi. (Antaranews)

Dumai (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Dumai terus mendorong peningkatan pemahaman sekolah dan pengawas mengenai pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan melalui sosialisasi dan bimbingan teknis.

Kepala Dinas Pendidikan Dumai Syaari mengatakan, bimtek diikuti unsur sekolah semua jenjang dan pengawas ini bertujuan untuk mendorong satuan pendidikan menerapkan pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan.

"Keluarga adalah pendidik pertama dan utama serta punya peran penting dalam mendukung perkembangan anak dengan dipengaruhi pengasuhan diterapkan dalam keluarga," kata Syaaribeberapa waktu lalu.

Dijelaskan, faktor lingkungan masyarakat berperan juga dalam perkembangan anak, sehingga dibutuhkan strategi untuk menghadapi berbagai tantangan dalam pendidikan anak di era digital ini.

Salah satu juga kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu langkah dalam mendukung perkembangan anak dan memperkuat pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan.

"Kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat akan meningkatkan peran keluarga dalam mendukung terwujudnya lingkungan yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi perkembangan anak," sebutnya.

Mendukung tujuan pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan ini, telah dikembangkan program pemberian dana bantuan sosialisasi ke dinas pendidikan kabupaten kota.

Dana bantuan sasarannya adalah kepala satuan pendidikan, pengawas dan unsur sekolah serta pihak lain yang belum pernah mengikuti bimbingan teknis penyelenggaraan pendidikan keluarga.

Dalam kegiatan sosialisasi digelar Disdik Dumai pada Selasa (13/8) lalu, disampaikan materi kebijakan pembinaan pendidikan keluarga, pertemuan wali kelas dengan orang tua dan kelas inspirasi.

"Sosialisasi diikuti 110 peserta dilaksanakan di aula SMKN 1 Dumai ini diisi juga pameran karya siswa dan pentas akhir tahun, pembulatan program pelibatan keluarga serta penyusunan rencana tindak lanjut," kata Ketua Panitia Zainirwan.

Ditambahkan, kebijakan pendidikan keluarga tertuang dalam Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 tentang pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan, dan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.