Peserta SMN asal Yogyakarta ini terpukau budaya Melayu

id SMN Yogyakarta, SMN Riau, SMN 2019, SMN Riau 2019

Peserta SMN asal Yogyakarta ini terpukau budaya Melayu

Stalastun Nur (Foto Antaranews/Vijay Kuntau/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Stalastun Nur adalah salah seorang peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Daerah Istimewa Yogyakarta mengaku terpukau dengan budaya melayu Riau, setelah berkunjung ke Pekanbaru selama beberapa hari terakhir.

"Selain lagu dan tarian, iya juga suka makanan khas Riau, yaitu roti jala," kata Nur saat berkunjung di SMAN 13 Pekanbaru, Jumat.

Roti yang sering disantap dengan saus kari kambing ataupun saus durian ini disediakan oleh panitia SMA Negeri 13 Pekanbaru dalam penyambutan SMN 2019.

Roti ini merupakan salah satu hidangan yang lezat saat menjamu tamu istimewa atau disantap saat hari-hari istimewa pada masyarakat Riau.

"Enak rotinya, saya suka sekali, khas sekali saya tidak pernah menemui makanan ini di Yogyakarta," kata gadis berjilbab ini.

Provinsi Riau memang terkenal dengan budaya yang sangat kental dengan adatnya baik itu sandang, papan maupun pangan.

Menurutnya, budaya Melayu Riau yang menjadi cikal bakal nenek moyang di Indonesia harus terus dilestarikan dan menjadi daya tarik wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Berbagai kegiatan SMN di Riau diharapkan bisa menjadi kenangan manis bagi para pelajar dan guru pendamping. Peserta SMN rencananya juga akan mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura di Kabupaten Siak yang berjarak sekitar 100 km dari Kota Pekanbaru.

Dia juga tidak menyangka dan terharu mendapatkan sambutan yang meriah oleh pihak SMAN 13 Kota Pekanbaru. "Pokoknya, di sini asyik deh," ucap gadis yang segera menginjak usia 17 tahun ini.

Baca juga: VIDEO - Peserta SMN asal DIY kunjungi SMA berprestasi di Pekanbaru

Baca juga: Pelatihan Bela Negara TNI AU membekas di hati peserta SMN