Perwira Polda Riau bagikan botol air mineral kepada JCH di tanah suci

id JCH, Haji, Polda Riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Perwira Polda Riau bagikan botol air mineral kepada JCH di tanah suci

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau AKBP Fibri Karpiananto membantu jemaah calon haji yang terdampak cuaca ekstrim di Mekkah dengan memberikan ribuan botol air mineral. (Antaranews/istimewa)

Pekanbaru (ANTARA) - Seorang perwira menengah Kepolisian Daerah Riau yang tengah menjalankan ibadah haji di tanah suci membantu membagikan ribuan botol air mineral kepada jemaah calon haji yang terdampak cuaca panas di Mekkah dan Madinah.

"Kita membantu jemaah dengan sedekah air minum di depan Apartemen Al Rasyd. Kita berikan kepada seluruh jemaah haji dari berbagai negara termasuk Indonesia yang melintas di jalan Sidqi, berjalan menuju Jamarat atau tempat lempar jumrah," kata AKBP Fibri Karpiananto kepada Antara melalui pesan singkat di Pekanbaru, Rabu.

Fibri sendiri merupakan Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau yang menunaikan ibadah haji melalui jalur khusus. Dia mengatakan saat ini suhu di Mekkah dan Minah mencapai 43 derajat celcius.

Kondisi tersebut membuat jamaah haji kepanasan dan kehausan. Meski demikian, ia mengatakan semangat para jemaah calon haji itu tak pudar dalam menjalankan rukun dan wajib.

Fibri bersama jamaah haji khususdari Travel Thayiba Tora asal Jakarta Selatanmembagikan air mineral itu pada Selasa siang hari waktu setempat, atau 12 Dulhijah. Ia mengaku merasa iba melihat jamaah berkeringat saat berjalan dan menggunakan kursi roda, apalagi banyak yang sudah lanjut usia.

"Kasihan kan orang tua banyak, jalannya pelan-pelan, ada yang pakai kursi roda, kelihatan lelah dan haus. Tapi semangat mereka luar biasa," kata perwira menengah yang pernah menjabat sebagai Kapolres Kuansing tersebut.

Jumlah botol minuman yang dibagikan sekitar 18 ribu botol air mineral. Hal itu sangat membantu bagi jemaah karena suhu di sana sangat terik mencapai 43 derajat celcius.

Para jemaah ada yang mengambil 2 botol air minum, ada yang hanya 1 untuk diri sendiri. Mereka terlihat senang dengan pemberian air minum di saat kehausan.

"Sedekah air ini adalah hal rutin, difasilitasi oleh travel dengan dukungan oleh seluruh jamaahnya. Kegiatan ini kita lakukan di daerah aziziyah perbatasan antara Mina-Mekkah," kata Direktur Utama Travel Thayiba Tora, Artha Hanif.

Baca juga: Jamaah Embarkasi Batam tak hadapi kendala selama wukuf

Baca juga: Enam jamaah haji Riau wafat di Tanah Suci