PTPN V sembelih 300 hewan kurban

id PTPN V, hewan kurban,PTPN Riau, idul adha riau

PTPN V sembelih 300 hewan kurban

Penyerahan hewan kurban PTPN V ke lima desa di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Sabtu (10/8/2019). (Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko K Santosa menyatakan sebanyak 300 hewan kurban akan disembelih umat muslim yang tersebar di seluruh unit perusahaan di seluruh Provinsi Riau pada Idul Adha 2019 ini.

Hal itu disampaikan oleh Jatmiko di sela penyerahan lima sapi kurban perusahaan perkebunan sawit dan karet plat merah terbesar di Riau itu kepada lima desa di wilayah kerja Kebun Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu, Sabtu.

"Ini adalah wujud syukur dan ketaatan kepada Allaah SubhanahuWata’ala, serta sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar kebun," katanya.

Ia menyebutkan 300 hewan kurban tersebut terdiri dari 270 sapi dan 30 kambing, yang tersebar di unit-unit kerja PTPN V yang terletak di enam kabupaten di seluruh Bumi Lancang Kuning, Riau.

Nantinya, kata Jatmiko, daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar lingkungan perkebunan dan pabrik perusahaan.

“Kurban tersebut dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat desa yang ada di sekitar lingkungan kebun dan pabrik perusahaan, selain ada juga yang diserahkan hidup seperti hari ini," ujarnya.

Sementara itu, kegiatan penyerahan lima ekor sapi qurban dari PTPN V secara simbolis diserahkan kepada Bupati Indragiri Hulu melalui Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Paino.

Turut hadir dalam kegiatan itu GM Distrik Lubuk Dalam PTPN V Tuhu Bangun, Kabag Hukum Agus Salim, PM Biogas Ifri Handi Lubis serta Manajer Air Molek Edrawadi.

Lima desa yang mendapat bantuan hewan kurban itu adalah Desa Kelawat, Desa Sei Lala, Desa Perkebunan Sei Lala, Desa Rimpian dan Desa Bongkal Malang.

"Semoga sapi kurban ini dapat bermanfaat bagi masyarakat semua dan membawa berkah bagi kita baik yang bekerja di Perusahaan dan juga bagi masyarakat disekitar Kebun," harap Jatmiko.

Di tempat yang sama, Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten Inhu, Paino, mengungkapkan rasa terimakasih kepada PTPN V yang menurutnya senantiasa memperkuat sinergi dan mempertahankan hubungan harmonis dengan Pemerintah dan masyarakat sekitar unit kerjanya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PTPN V. Semoga sinergi Perusahaan dengan Pemkab semakin optimal. Dan pastinya ini semuanya bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan dari perusahaan perkebunan itu sendiri," tutur Paino.

Baca juga: PTPN V gandeng APKASINDO akselerasi peremajaan sawit rakyat