Pelajar Indonesia raih medali perak di olimpiade sains internasional

id Berita hari ini , berita riau terkini, berita riau antara, pelajar Indonesia raih medali

Pelajar Indonesia raih medali perak di olimpiade sains internasional

Pelajar Indonesia, Hilmi Nuruzzaman, meraih medali perak di ajang Olimpiade Astronomi dan Astrofisika Internasional yang berlangsung di Keszthely, Hungaria 2-10 Agustus 2019. (H.O. 2019 International Olympiad on Astronomy and Astrophysics)

Jakarta (ANTARA) - Hilmi Nuruzzaman berhasil meraih medali perak untuk bidang astronomi dan astrofisika saat mewakili Indonesia mengikuti Olimpiade Sains Internasional di Keszthely, Hungaria yang bersaing dengan 260 siswa setingkat Sekolah Menengah Atas dari 47 negara di dunia.

"Hilmi sekarang kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong, Tangerang," ujar ayah Hilmi, Herman Susilo saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Dua siswi Indonesia raih medali emas di Korea Selatan

Meskipun bersekolah di Madrasah namun kecerdasan Hilmi tak kalah dari siswa sekolah umum. Itu telah dibuktikannya sejak olimpiade sains tingkat provinsi sampai tingkat nasional.

Tahun 2018, Hilmi juga mendapatkan medali emas di bidang astronomi olimpiade sains nasional (OSN) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Padang, Sumatera Barat.

"Hilmi termasuk sari dari 1.433 siswa yang lolos di tingkat provinsi terus dilombakan di tingkat nasional dan menang kategori Best Practice," ujar Herman.

Kemudian Hilmi dan pemenang-pemenang OSN juara 1, 2, dan 3 sampai juara harapan itu diuji lagi sampai tiga tahap hingga sisanya lima orang saja. Lima orang tersebut yang kemudian dikirim ke Hungaria untuk mengikuti Olimpiade Astronomi dan Astrofisika Internasional dari tanggal 2 sampai 10 Agustus 2019 itu.

Menurut Herman, prestasi itu tak lepas dari proses bimbingan pembelajaran dari guru-guru di madrasah. Sistem yang terus berkembang juga turut serta menghasilkan hal yang berkualitas.

Selain menggunakan standar pendidikan nasional, madrasah juga mempunyai kelebihan dibandingkan sekolah umum, yaitu materi agama yang lebih banyak.

"Peran pembimbing dari sekolah juga sangat membantu. Saya berharap semoga ini bisa menjadi pemicu untuk meraih prestasi lainnya," kata Herman.

Baca juga: Indonesia raih medali perak dan perunggu di kejuaraan cheerleading Junior Asia

Baca juga: SMA Mutiara Harapan Raih Medali Emas ditingkat Nasional dan Internasional


Pewarta: Abdu Faisal