TNI bantu atasi krisis sanitasi masyarakat pedalaman Kampar

id TMMD, sanitasi, krisis, kakus

TNI bantu atasi krisis sanitasi masyarakat pedalaman Kampar

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1711/Boven Digoel (BVD) merehab fasilitas mandi cuci kakus (MCK) umum, guna mendorong warga setempat membiasakan hidup sehat. (Pendam XVII/Cenderawasih)

Pekanbaru (ANTARA) - Satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membantu mengatasi krisis sanitasi yang dialami warga pedalaman Kabupaten Kampardengan mendirikan puluhan kakus kepada keluarga kurang mampu.

"Masih cukup banyak masyarakat yang tidak memiliki fasilitas kakus di rumahnya masing-masing. Jika kondisi ini dibiarkan akan membahayakan kesehatan warga," kata Komandan Komando Distrik Militer 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin dalam keterangannya kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Pembangunan kakus telah dilakukan puluhan prajurit TNI di sejumlah lokasi terpencil di wilayah Kampar. Pada hari ini, pembangunan kakus kembali dilanjutkan di Desa Mentulik, Kecamatan Kampar Kiri.

Nantinya, pembangunan jamban tersebut akan dilaksanakan di setiap desa. Sebelum pembangunan jamban dimulai, ia mengatakan prajuritnya telah terlebih dahulu melakukan pemetaan wilayah mana saja yang terdapat keluarga belum dilengkapi fasilitas sanitasi yang baik.

Komandan Rayon Militer 05/Kampar Kiri Mayor (Arh) Gunawan menuturkan pembangunan tersebut dilakukan secara karya bakti melibatkan masyarakat.

Pembuatan jamban gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu ini sebagai wujud kepedulian TNI jajaran Komando Distrik Militer 0313/KPR, dengan tujuan masyarakat dapat menjalankan hidup sehat.

Gunawan mengakui pembangunan jamban dihadapkan dengan keterbatasan anggaran. Meski begitu dia memastikan bantuan pembuatan kakus tersebut dapat terus berlanjut dan menyasar keluarga kecil.

"Meski dengan keterbatasan anggaran yang ada, namun pengadaan jamban ini tetap di lakukan oleh jajaran Koramil. Yang terpenting masyarakat bisa hidup sehat dengan memiliki jamban di rumah," ujarnya.

Kegiatan ini disamping dapat meringankan beban rakyat, lanjutnya, juga menjadi jalan untuk menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat sehingga memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat.