Wagub apresiasi kegiatan Jurnalistik Sekolah yang ditaja FWL DPRD Riau

id FWL

Wagub apresiasi kegiatan Jurnalistik Sekolah yang ditaja FWL DPRD Riau

FWL DPRD Riau menggelar acara Pengenalan Ilmu Jurnalistik kepada Generasi Milenial, Selasa. (Dok FWL DPRD Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Forum Wartawan Legislatif DPRD provinsi Riau menggelar pengenalan jurnalistik kepada generasi milenial di SMA Negeri 1 Pekanbaru, Selasa.

Agenda tahunan FWL DPRD Riau ini dibuka langsung Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar, dan Kepala Sekolah SMA N 1 Pekanbaru Wan Roswita.

Edy Natar Nasution mengatakan kegiatan tersebut sangat positif di tengah maraknya pemberitaan yang tidak benar alias hoaks.

Pada kesempatan itu, Edysempat bercerita masa-masa dia bersekolah yang kebetulan ia merupakan alumni SMAN1 Pekanbaru.

"Zaman kami dulu yang ada hanya mading, jadi kami menyalurkan bakat menulis dan lainnya itu hanya di papan mading tanpa ilmu jurnalistik. Kalian hari ini sangat beruntung karena ada yang akan memberikan ilmu jurnalistik," kata Edy Nasution.

Ia juga mengajak agar siswa - siswi dengan canggihnya teknologi dan intensnya penggunaan media sosial saat ini, bisa memfilter berbagai informasi yang masuk, sehingga pengenalan ilmu jurnalistik dianggap perlu bagi generasi milenial.

"Apa yang dilakukan oleh FWL ini kami kira cukup bagus, dan mudah-mudahan dari kegiatan ini akan melahirkan mereka yang anti hoaks, dalam arti tidak mudah begitu saja percaya ketika ada informasi yang dilihat melalui berbagai media sosial," ucapnya.

Sementara itu, wakil ketua DPRD Riau, Asri Auzar juga menyampaikan rasa bangganya kepada FWL DPRD Riau yang telah mentaja kegiatan tersebut. Sebab, nantinya siswa bisa membedakan mana yang berita benar dan mana yang tidak, jangan langsung mudah dipercaya.

"Di dalam jurnalistik itu tidak boleh diberitakan ghibah dan fitnah. Jurnalistik itu ada yang tak boleh diberitakan namanya ghibah. Jadi sebelum kita membaca informasi, harus diperiksa dulu kebenarannya. Maka dengan pengenalan positif ini lah caranya," paparnya.

Sementara Kepala SMAN 1 Pekanbaru Dra. Wan Roswita, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada FWL yang telah memilih sekolah yang dipimpinnya menjadi lokasi pelatihan, dan berharap kegiatan ini akan memberi nilai postif bagi seluruh peserta.

"Sebanyak 40 orang siswa kelas XI dan kelas XII yang mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan ilmu yang diberikan narasumber dalam kegiatan ini bisa diserap dengan baik oleh mereka, terutama dalam menangkal informasi-informasi hoaks," sebutnya.

Sebagai informasi, hadir sebagai pemateri dua wartawan muda yakniDodiFerdiandan BilliPranata yang memaparkan tentang kode etik jurnalistik dan publicspeaking.

Acara tersebut terselenggaraatas kerjasama FWLDPRDRiau dengan Pihak PT Chevron Pasific Indonesia dan PT AraraAbadi -Sinar Mas Forestry.

Untuk diketahui, FWL DPRD Riau terdiri dari berbagai media, baik media elektronik, cetak, maupun online. Yakni RTV, RRI, Radio RBT, Riau Pos, Tribun Pekanbaru, Haluan Riau, Koran Riau, Antaranews.com, Cakaplah.com, Gatra, Goriau.com, Riau24.com, Bertuahpos.com, WarnaRiau.com, Detakriaunews.com, Riaueksis.com. Riauonline.com.