Walkot Dumai apresiasi situasi aman saat HUT Bhayangkara

id Polres dumai, walkot dumai, bhayangkara dumai

Walkot Dumai apresiasi situasi aman saat HUT Bhayangkara

Walikota Dumai Zulkifli AS saat hadir dalam HUT ke-73 Bhayangkara di Dumai, Rabu (10/7/19). (Antaranews/Abdul Razak/19)

Dumai (ANTARA) - Wali Kota Dumai Zulkifli AS memimpin upacara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di Markas Polres Dumai Jalan Jenderal Sudirman, Rabu, dan menyampaikan apresiasi pada Polri karena mampu menciptakan situasi aman kondusif.

Dalam ulang tahun kali ini, ZulkifliAS menilai Polres Dumai berhasil menjaga kondisi keamanan dan ketertiban berkat kerja profesional dan mengayomi dengan merangkul masyarakat dan seluruh tokoh di daerah untuk bersama meningkatkan rasa aman dan tenang.

"Selamat ulang tahun ke-73 Polri, dan khusus polisi bertugas di Dumai berkat profesional kepolisian dalam merangkul masyarakat dan seluruh tokoh yang ada, jadi Kota Dumai sangat aman dan kondusif," kata Zul As.

Sementara, Presiden Jokowi dalam amanat disampaikan Walikota mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam momentum baik ini, mari kita mendoakan personel Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan, Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan balasan atas seluruh pengorbanan, perjuangan, dan pengabdian, serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga ditinggal" sebut walikota mengutip amanat Presiden Jokowi.

Selanjutnya, kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasil nya oleh seluruh masyarakat Indonesia, dapat dibuktikan dengan terpelihara baik situasi keamanan dalam negeri sepanjang Tahun 2018 dan 2019 ini.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga telah terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

Di samping itu, Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber, kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi.

Demikian juga dengan menindak kejahatan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp2,3 triliun.

Berbagai capaian itu, kinerja Polri mendapat apresiasi positif masyarakat, tingkat kepercayaan publik terus meningkat, sebagai salah satu lembaga dipercaya setelah KPK dan TNI.

Dipesankan pada Polri agar terus menangani serius dan profesional berbagai kejahatan lintas negara, dan memberantas kejahatan terhadap kekayaan negara demi melindungi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

"Kejahatan konvensional yang meresahkan juga harus ditindak secara tegas dan berkeadilan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat," demikian amanat Presiden Jokowi.

Dalam kegiatan peringatan HUT ke 73 Hari Bhayangkara 2019, Polres Dumai memberikan penghargaan kepada sejumlah personel berprestasi atas keberhasilan mengungkap berbagai kasus, serta penghargaan bagi kelurahan terbaik penerapan Kamtibmas di Dumai.