DPR AS setujui paket bantuan Rp63 triliun untuk tangani migran di perbatasan

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,DPR AS setujui paket bantuan

DPR AS setujui paket bantuan Rp63 triliun untuk tangani migran di perbatasan

Anak-anak berbaris saat keluarga imigran tidak berdokumen dilepaskan dari penahanan di sebuah terminal bis di McAllen, Texas, Amerika Serikat, Jumat (22/6/2018) (REUTERS/Loren Elliott)

Washington (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada Selasa (25/6) menyetujui paket bantuan senilai 4,5 miliar dolar AS (sekitar Rp63 triliun) untuk menangani gelombang perpindahan penduduk di perbatasan AS-Meksiko.

Paket bantuan itu akan termasuk penerapan standar baru bagi para migran, yang berada dalam penahanan, setelah berbagai laporan muncul soal kondisi buruk yang dihadapi anak-anak di tempat-tempat penahanan yang penuh sesak.

Baca juga: Rudenim Pekanbaru belum terima perintah perbolehkan anak imigran bersekolah di SD negeri

DPR, yang dikuasai oleh Partai Demokrat, melakukan pemungutan suara dengan menghasilkan 230 dukungan berbanding 195 penolakan bagi pengesahan langkah itu. Namun, nasib rancangan undang-undang tersebut masih belum ada kepastian.

Sementara itu, Senat AS, yang dikuasai Partai Republik, sedang mengupayakan versinya sendiri soal RUU tersebut dan Presiden Donald Trump, yang berasal dari Partai Republik, telah menyatakan akan menolak pengesahan RUU itu oleh DPR.

Beberapa pejabat Gedung Putih mengatakan RUU yang disahkan DPR itu akan melumpuhkan upaya-upaya yang dijalankan pemerintah dalam menegakkan aturan di perbatasan.

Baca juga: Disdik Pekanbaru tampung 200 anak imigran bersekolah di SDN

Baca juga: Pasukan militr Malta selamatkan 400 migran di Mediterania


Sumber: Reuters

Penerjemah: Tia Mutiasari