Copa America, Argentina lolos dengan susah payah

id timnas kolombia,timnas argentina,timnas paraguay,timnas peru,copa america,copa america 2019

Copa America, Argentina lolos dengan susah payah

Penyerang tim nasional Argentina Sergio Aguero (kanan) memeluk rekannya Lionel Messi (kiri) seusai mencetak gol ke gawang Qatar dalam laga pamungkas Grup B Copa America 2019 di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Minggu (23/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Henry Romero)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Argentina lolos dari lubang jarum untuk melangkah ke perempat final Copa America 2019 dari penyisihan Grup B mendampingi Kolombia.

Argentina yang kalah di laga pertama dan imbang di laga kedua, akhirnya memastikan diri lolos ke perempat final usai menang 2-0 atas Qatar dalam pertandingan pamungkas di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Senin dini hari WIB.

Gol penyerang Inter Milan Lautaro Martinez dan striker Manchester City Sergio Aguero berhasil menempatkan Argentina di peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan koleksi empat poin, di bawah Kolombia (9). Kelolosan Argentina dari fase penyisihan grup Copa America 2019 seolah mengulangi putaran final Piala Dunia 2019 di Rusia, di mana mereka harus menanti hingga laga pamungkas untuk memastikan melangkah.

Di pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Arena Fonte Nova, Salvador, Kolombia menjaga catatan sempurna mereka dengan mengalahkan Paraguay 1-0 berkat gol tunggal Gustavo Cuellar.

Kedua hasil pertandingan itu sekaligus mempengaruhi Peru yang menempati peringkat ketiga Grup A dengan koleksi empat poin dan dipastikan melaju ke perempat final sebagai salah satu dari dua tim peringkat ketiga terbaik.

Sebaliknya, Paraguay (2) yang berada di peringkat ketiga Grup B harus menantikan hasil akhir laga pamungkas Grup C, khususnya pertandingan antara Ekuador kontra Jepang. Jika laga itu berakhir imbang, Paraguay akan lolos mendampingi Peru sebagai peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup dengan bekal dua poin dan defisit satu gol saja.

Sejauh ini, enam tim telah memastikan kelolosan ke perempat final yakni Kolombia dan Argentina dari Grup B, Brazil, Venezuela dan Peru dari Grup A serta pemuncak klasemen sementara Grup C, Chile.

Berikut hasil laga pamungkas Grup B yang berlangsung Senin dini hari WIB:

Kolombia 1 - Paraguay 0 (Gustavo Cuellar 31') Baca juga: Kolombia pangkas harapan Paraguay untuk melaju ke perempat final

Qatar 0 - Argentina 2 (Lautaro Martinez 4', Sergio Aguero 82') Baca juga: Argentina lewati Qatar untuk melaju ke perempat final

Klasemen akhir Grup B
Tim M M I K Gol P
1 Kolombia 3 3 0 0 4-0 9
2 Argentina 3 1 1 1 3-3 4
3 Paraguay 3 0 2 1 3-4 2
4 Qatar 3 0 1 2 2-5 1