Sulawesi Utara diekspor 11,3 ton biji pala ke Italia

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Sulawesi utara ekspor,biji pala

Sulawesi Utara diekspor 11,3 ton biji pala ke Italia

Biji pala (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Jakarta (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Utara mengekspor biji pala ke Italia pada awal Juni 2019 menyusul permintaan dari negara tersebut cukup tinggi.

"Kali ini biji pala ke Italia sebanyak 11,3 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 56.250 dolar AS," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Jenny Karouw di Manado, Jumat.

Baca juga: Ekspor Riau pada April 2019 anjlok 24,74 persen. Kok bisa?

Jenny menjelaskan biji pala khususnya dari Kepulauan Siau yang dikenal dengan Pala Siau sangat diminati oleh pembeli dari Eropa.

Ekspor biji pala ke Italia tersebut, kata dia, semakin mengokohkan komoditas tersebut sebagai penyumbang devisa yang cukup signifikan dari provinsi tersebut.

"Sejak dulu biji pala dan produk turunannya asal Sulawesi Utara memang diminati pasar luar negeri, termasuk Argentina dan negara lain di Benua Amerika, karena sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat, antara lain untuk rempah-rempah, rasanya yang sangat khas," katanya.

Selain Eropa dan Amerika, biji pala produksi Sulawesi Utara, lanjut Jenny, juga mulai diminati pasar Afrika.

"Minat tersebut ditandai dengan makin banyaknya permintaan ekspor pala dan bunganya ke berbagai negara di dunia. Ini menunjukan mutu komoditas pala di daerah ini cukup baik," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap peluang ekspor tersebut dimanfaatkan petani biji pala untuk meningkatkan produksi dan kualitas agar komoditas tersebut semakin disukai masyarakat dunia.

Ia juga mengatakan biji pala yang banyak diekspor ke Eropa, Amerika, dan Afrika tersebut berasal dari Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe, dan Talaud.

Baca juga: Nilai ekspor Riau turun 6,21 persen, ini penjelasannya

Baca juga: Nilai Ekspor Riau 1,29 Miliar Dolar AS


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw