AS, Iran didesak turunkan ketegangan untuk bertemu dan berkompromi

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,AS, Iran didesak turunkan ketegangan

Ilustrasi : Presiden Donald Trump pada Rabu (8/5/2019) memerintahkan sanksi baru terhadap Iran, kali ini menargetkan sektor logam industri. (Foto: Istimewa))

London (ANTARA) - Qatar dan sejumlah negara lainnya telah berbicara kepada Iran dan Amerika Serikat soal penurunan ketegangan, kata Menteri Luar Negeri Qatar Syekh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani pada Minggu (9/6), yang juga mendesak kedua pihak untuk bertemu dan berkompromi.

"Kami yakin pada satu titik akan ada sebuah perjanjian. Itu tidak dapat berlangsung terus seperti ini," kata dia kepada awak media di London, Minggu. "Kalau mereka tidak ingin terus terlibat dalam peningkatan ketegangan, mereka harus mencari cara untuk membuka pintu perdamaian."

Baca juga: Ancaman Trump: Iran akan sangat menderita jika ganggu kepentingan AS

Syekh Mohammed mengatakan sejumlah negara, termasuk Qatar, Oman, Irak dan Jepang, mendesak kedua belah pihak agar meredakan ketegangan.

"Semua negara ini khawatir tentang risiko yang ditimbulkan akibat eskalasi," kata dia. "Ada upaya dari Qatar dan sejumlah negara lainnya di kawasan untuk meredakan situasi tersebut: Kami sudah membicarakan ini, baik dengan AS maupun dengan Iran."

"Apa yang kami upayakan sekarang yaitu benar-benar ingin menjembatani gesekan di antara mereka. Kami juga ingin menggelar dialog yang melibatkan keduanya saat eskalasi tidak akan menguntungkan siapa pun di kawasan tersebut," kata dia.

Baca juga: Pembicaraan dagang antara AS dan China berlanjut, soal tarif tentatif

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar