Lutung Rusak Tanaman Bakau Di Dumai

id lutung rusak, tanaman bakau, di dumai

Dumai, 25/10 (ANTARA) - Monyet hitam atau Lutung dikabarkan telah merusak sebagian tanaman bakau di tepi pantai laut Dumai, Riau.

Kepala Bidang Lingkungan dan Amdal Badan Lingkungan Hidup (BLH), Emi Yuzar, Senin, mengatakan, dari 10.000 batang bakau yang ditanam, 5 persen atau sekitar 300 batang yang rusak akibat hewan liar ini.

"Mulanya kita fikir hanya deburan ombak yang menyebabkan kerusakan pada tanaman bakau, namun setelah dilakukan pengecekan secara bertahap, diketahui bahwa yang merusak tanaman bakau itu lutung," terangnya.

Untuk mengantisipasi kerusakan bakau, terangnya, BLH bersama masyarakat sekitar terus melakukan pemantauan.

"Namun akibat banyaknya monyet hitam ini, dan cara hidupnya yang tidak menetap di suatu tempat, kami dan masyarakat mengalami kesulitan menghalaunya," tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Kehutanan dan Pertamanan Kota Dumai, jumlah tanaman bakau yang rusak atau mati terus mengalami peningkatan yang signifikan.

"Setiap bulannya, sekitar 1.000 batang bakau yang rusak akibat penebangan liar yang dilakukan masyarakat setempat. Mereka adalah para pengusaha arang," kata seorang juru bicara Dinas Kehutanan dan Pertamanan Kota Dumai.

Sementara, sekitar 500 batang lainnya setiap bulannya dinyatakan hilang akibat tingginya tingkat abrasi pantai di kawaan itu.

Tanaman bakau yang dirusak lutung, sampai saat ini belum dapat terdeteksi. Namun menurut perkiraan lebih dari 3 persen jumlah tanaman bakau dirusak oleh hewan liar ini.