BAZNAS Riau salurkan zakat Rp350 juta

id baznas riau,zakat riau

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau, kembali menyalurkan zakat sebesar Rp350 juta untuk 225 mustahik berupa paket Ramadhan bahagia serta zakat pendidikan bagi mahasiswa.

"Paket Ramadhan atau zakat yang disalurkan hanya terkait dengan Idul Fitri dalam bentuk kebutuhan pokok sehari-hari, guna menyambut lebaran dengan ceria juga untuk membantu kelanjutan kuliah 25 mahasiswa di daerah itu," kata Ketua Baznas Provinsi Riau Yurnal Edwarddi Pekanbaru, Sabtu.

Menurut Yurnal, dari zakat sebesar Rp350 juta itu terdiri atas Rp100 juta untuk paket r

Ramadhan bahagia untuk 200 mustahik, dan zakat melalui program satu keluarga satu sarjana untuk 25 mahasiswa sebesar Rp250 juta.

Di luar penyaluran zakat sebesar Rp350 juta itu, katanya, juga diberikan zakat sebesar Rp10 juta untuk pembinaan sejumlah mualaf atau orang yang baru masuk agama Islam.

"Kepada para penerima zakat atau mustahik diharapkan agar dapat mendoakan para muzaqi yang telah menyesihkan harta dan pendapatannya untuk mendukung upaya pengentasan kemiskinan di daerah ini," katanya.

Ia menjelaskan, penyaluran zakat merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan para mustahik. Sementara di sisi lain, program-program penyaluran zakat akan memengaruhi persepsi dan kepercayaan publik mengenai pengelolaan zakat, apakah tepat sasaran atau tidak.

Wajah pengelolaan zakat, katanya, akan sangat dipengaruhi oleh kinerja penyaluran zakat yang dilakukan oleh lembaga zakat resmi, baik BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) maupun LAZ (Lembaga Amil Zakat).