Mitsubishi tampilkan Xpander AP4, mobil penumpang untuk balap reli

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, Otomotif

Mitsubishi tampilkan Xpander AP4, mobil penumpang untuk balap reli

Xpander AP4 Concept di IIMS 2019 (ANTARA News/Alviansyah P)

Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menampilkan Xpander AP4 Concept, sebagai model spesial hasil modifikasi tim motorsport product ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

Tahun ini, Xpander direncanakan mengikuti event motorsport bertajuk AP4 yang mengusung konsep mobil balap berbasis kendaraan harian yang diproduksi dan dijual secara massal di pasaran. Xpander AP4 menjadi konsep kendaraan reli AP4 dengan basis Mitsubishi Xpander yang didukung penuh oleh MMKSI.

"Xpander AP4 Concept merupakan langkah untuk membuktikan bahwa Xpander memiliki nilai yang lebih dari sekedar mobil MPV keluarga yang berfokus pada kekuatan, ketahanan, impresi berkendara yang fenomenal," kata President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura, dalam keterangannya, Jumat.

"Tidak hanya itu modifikasi yang dilakukan terhadap Xpander AP4 Concept diharapkan menjadi pemacu kalangan hobi motorsport dan modifikasi untuk melakukan personalisasi terhadap mobil Xpander yang dimilikinya hanya dengan upaya dan biaya minimal untuk mencapai hasil maksimal," kata Naoya.

Unit display spesial Xpander AP4 Concept dimodifikasi secara minimal dari model Xpander dengan kamuflase decal, aksesoris sporty, juga logo Xpander.

Perwujudan sebenarnya dari Xpander AP4 Concept akan diperkenalkan pada perhelatan GIIAS 2019 mendatang.

Motorsport AP4

AP4 merupakan sebuah mobil yang dicanangkan oleh Motorsport New Zealand (MSNZ) dan Confederation of Australia Motorsport (CAMS) selaku induk olahraga otomotif di kedua negara tersebut pada tahun 2015.

AP4 awalnya diciptakan sebagain opsi karena mobil reli berjenis R5, yang merupakan spesifikasi World Rally Championship (WRC) terlampau mahal.

Untuk itu, bisa dikatakan bahwa konsep AP4 mengutamakan pengurangan biaya produksi menjadi lebih ekonomis bila dibandingakn mobil reli berspesifikasi tinggi.

"Dengan menggunakan konsep AP4, para pelaku industri reli dapat menekan biaya produksi berkali lipat lebih murah karena basis yang digunakan adalah mobil harian yang saat ini beredar di pasaran," ungkap brand ambassador Mitsubishi dan pebalap Rifat Sungkar.

Mobil berjenis AP4 dapat dikatakan sebagai wajah baru mobil reli di Indonesia yang menggantikan kendaraan-kendaraan grup R yang sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Sebagai catatan, mobil reli jenis AP4 mendapatkan lisensi untuk berlomba di kejuaraan internasional seperti reli Australia, reli Selandia Baru dan reli Asia Pasifik.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu