Libur Pemilu dan Paskah, penumpang Bandara Pekanbaru turun 35,35 persen

id libur pemilu 2019,Tiket pesawat,Bandara pekanbaru,berita riau terbaru,berita riau antara,berita riau terkini

Libur Pemilu dan Paskah, penumpang Bandara Pekanbaru turun 35,35 persen

Arsip foto. Suasana ruang masuk keberangkatan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, Selasa (21/1/2019). Selama periode 1 Januari hingga 21 Januari 2019 sebanyak 433 penerbangan dari dan menuju Bandara SSK II Pekanbaru dibatalkan akibat jumlah penumpang menurun drastis terkena imbas mahalnya harga tiket pesawat. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/pras.

Pekanbaru (ANTARA) - Banyak libur pada pekan kedua April tidak berarti apa-apa bagi bisnis penerbangan. PT Angkasa Pura II (Persero), selaku otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II), Kota Pekanbaru, Riau, menyatakan libur beruntun sejak hari pemungutan suara Pemilu2019 hingga rangkaian perayaan Paskah tidak mendongkrak jumlah penumpang pesawat di bandara tersebut.

Executive General Manager Bandara SSKII Jaya Tahoma Sirait di Pekanbaru, Sabtu, mengatakan jumlah penumpang, frekuensi penerbangan dan kargo pada libur Pemilu dan Paskah justru menurun drastis dibandingkan tahun lalu.

“Tren pergerakan pesawat minus 35,35 persen, tren pergerakan penumpang minus 50,02 persen, dan tren pergerakan kargo minus 39,49 persen. (Itu) dibandingkan dengan tanggal yang sama tahun 2018 atas jumlah masing jenis pergerakan pesawat, penumpang dan kargo,” kata Jaya kepada ANTARA menjelaskan kondisi pergerakan pesawat pada 19 April 2019.

Baca juga: Bandara Pekanbaru dan kedai kopi matikan lampu untuk Earth Hour 2019

Ia merincijumlah penerbangan pergi dan datang pada 19 April ada sebanyak 64 penerbangan, dan total penumpang 6.153 orang dan kargo 35.472 kilogram.

Jumlah itu menurun jauh dibandingkan tanggal yang sama tahun 2018, yang tercatat ada 99 penerbangan, 12.309 penumpang dan kargo 58.618 Kg.

Pemerintah menetapkan hari pemungutan suara Pemilu serentak 2019 pada 17 April sebagai hari libur nasional. Kemudian pada tanggal 19 April adalah libur nasional Wafatnya IsaAlmasih sebagairangkaian perayaan Paskah.

Jaya membenarkan sepinya penumpang dan penerbangan disebabkan harga tiket pesawat yang belum juga turun alias bertahan mahal sejak awal tahun ini.

“Benar (tiket mahal),” katanya.

Baca juga: Sosok Prabowo palsu bikin heboh di Bandara Pekanbaru

Tiket yang mahal itu juga membuat warga Pekanbaru memilih berwisata dengan transportasi darat seperti ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Sementara itu, Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau Dede Firmansyah berharap, Pilpres 2019 berlangsug tertib dan damai. Selain itu, ia juga berharap siapa pun presiden yang terpilih mesti memajukan pariwisata Indonesia.

"Siapapun presidennya, pariwisata harus jadi prioritas. Karena dengan memprioritaskan pariwisata semua komponen nanti pasti bergerak," katanya.

Ia mengatakan, secara nyata pemerintah sekarang sudah ada perhatian untuk pengembangan pariwsiata dengan meningkatkan infrastruktur seperti bandara.

Meski begitu, banyaknya bandara harus dibantu dengan penurunan harga tiket pesawat oleh maskapai agar masyarakat yang naik pesawat bisa meningkat lagi. Dengan begitu, pergerakan wisatawan nusantara ke daerah-daerah termasuk ke Riau bisa meningkat.

“Harapannya, lebih banyak lagi bandara-bandara baru, jadi bisa tersambungkan Indonesia dengan antarpulaunya, Yang jelas tiket pesawat harus turun, baru (bisa) tercapai wisatawan Nusantara 250 juta,” harapnya.

Baca juga: Begini Cara Blue Sky Premier Lounge "Manjakan" Penumpang Bandara Pekanbaru