KPU Dumai mulai distribusikan logistik Pemilu

id kpu dumai,pemilu dumai,logistik pemilu

Seorang warga memasukkan contoh surat suara ke dalam kotak suara setelah menggunakan hak pilihnya pada simulasi penyelenggaraan Pemilu di Mapolres Dumai di Dumai, Riau, Kamis (14/2/2019). (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai memulai pendistribusian logistik kebutuhan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 ke tujuh kecamatan menggunakan 14 unit truk, Senin.

Ketua KPU Dumai Darwis menyebut, distribusi logistik dimulai dari gudang penyimpanan KPU di Kelurahan Bagan Besar, selanjutnya diantar ke panitia pemilihan kecamatan.

"Hari ini kita melakukan distribusi logistik pemilu 2019 dengan mengerahkan 14 armada truk dari gudang KPU menuju panitia pemilihan di tujuh kecamatan," kata Darwis pada pers, Senin.

Dikatakannya, pengiriman logistik terdiri kotak suara, surat suara, tinta, formulir, bilik suara dan lainnya ini akan dititip satu malam di Kantor Pemerintah Kecamatan setempat, sebelum disalurkan ke panitia pemungutan suara tersebar di 33 kelurahan.

Kemudian, pada Selasa (16/4) seluruh logistik pemilihan legislatif dan presiden ini akan langsung didistribusikan ke PPS, dengan pengawalan aparat keamanan dan petugas pengawas.

"Logistik disalurkan sesuai daftar pemilih tetap ditambah dua persen sebagai cadangan di semua tempat pemungutan suara," sebutnya.

Pengiriman logistik pemilu tiap kecamatan diantar dua armada truk, dan untuk lokasi terjauh berada di Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan dengan melalui jalur perairan.

"Distribusi logistik di batu teritip di angkut menggunakan kapal," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Dumai Zulfan sudah menyurati seluruh peserta Pemilu 2019 agar mencabut alat peraga kampanye terpasang di semua titik untuk memasuki masa tenang.

Bawaslu dan Satpol PP serta Kepolisian Resort Dumai pada masa tenang (14-16 April) turun bersama melakukan patroli pengawasan APK dan antisipasi kampanye dilakukan karena merupakan pelanggaran pemilu.

"Semua sudah kita surati agar mencabut seluruh alat peraga kampanye memasuki masa tenang, dan Bawaslu bersama tim gabungan akan turun bersama mencegah terjadi pelanggaran pemilu," kata Zulfan, Sabtu (13/4) malam .

Pemilu 2019 di Kota Dumai digelar KPU di 841 TPS tersebar di 33 kelurahan 7 kecamatan dengan daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap II sebanyak 181.039 jiwa.

Pemilu Presiden 17 April 2019 diikuti dua pasangan calon presiden, yaitu Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 terdiri empat kertas suara, yaitu surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Riau dan DPRD Kota.

Baca juga: Pemilu - KPU Dumai Klaim Persiapan Logistik Pileg Tuntas
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar