Sepakbola - Gurning : Alamsyah Tak Mengecewakan Meski Diusir Wasit

id sepakbola -, gurning , alamsyah tak, mengecewakan meski, diusir wasit

Pekanbaru, 27/9 (ANTARA) - Pelatih Abdurrahman Gurning menilai penampilan, Alamsyah Nasution, mantan pemain Sriwijaya FC yang bergabung dengan PSPS tidak mengecewakan meski mendapatkan kartu merah di pertandingan perdana klub itu.

"Penampilan perdana Alamsyah saat PSPS menjamu Persija lumayan baik, hanya saja beliau masih emosional dalam mengeluarkan kemampuan terbaik," ujar Gurning ketika dihubungi dari Pekanbaru, Senin.

Dalam pertandingan perdana PSPS versus Persija Jakarta kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2010-2011 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Minggu, (26/9) malam, wasit Iis Isya menghadiahkan kartu merah setelah mengeluarkan dua kartu kuning bagi Alamsyah menit ke-80.

Iis memberikan kartu kuning kedua kepada pemain PSPS yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu setelah dianggap melakukan yang membahayakan kepada pemain Persija, Oliver Makor, dan sebelumnya dia menjatuhkan pemain Persija yang lain Octavianus.

Unggul jumlah pemain 10 menit menjelang berakhirnya pertandingan, namun Persija tidak mampu mengambil keuntungan dan hasil akhir pertandingan yang digelar di tempat yang netral itupun berkesudahan dengan skor akhir 2-2.

Gurning mengatakan, emosi Alamsyah menjadi tidak terkontrol karena tertinggal dua gol dari tim tamu, dan beliau kewalahan dalam mengamankan jantung pertahanan PSPS dari serangan yang dilakukan gelandang Persija.

Kondisi itu juga membuat playmaker asing PSPS asal Korea Selatan, Shin Hyu Joon turun ke bawah mengimbangi permainan lapangan tengah Persija sehingga praktis Asykar Bertuah mengandalkan serangan balik melalui kedua sayap dan operan bola-bola panjang.

"Memang anak-anak kesulitan mengimbangi permainan di lapangan tengah, apalagi Shin membantu pertahanan. Tapi syukurnya melalui kolektifitas yang telah terjalin sejak musim lalu, kita mampu mengejar ketinggalan dua gol dan kemudian menyamakan kedudukan," jelas.

Dengan kartu merah yang didapat itu, maka sudah dipastikan Alamsyah tidak bisa memperkuat PSPS ketika menjamu Deltras Sidoarjo pada 19 Oktober 2010 yang juga dijadwalkan berlangsung di Padang.

Tapi Gurning telah memiliki pengganti yang sepadan sebagai gelandang bertahan yakni Rusdianto yang pada musim lalu diduetkan bersama Ade Suhendra (kini bermain untuk Sriwijaya FC) dan mengantarkan PSPS finis di peringkat tujuh ISL 2009-2010.

Hasil laga Minggu (26/9):

PSPS vs Persija (2-2)

Persijap vs PSM Makassar (0-1)

Persibo vs Persiba (1-1)

Semen Padang vs Persipura (1-1)

Pelita Jaya vs Persiwa (4-0)