240 Lansia di Inhil ikuti operasi katarak gratis

id Operasi katarak gratis Inhil, bupati Inhil, hm wardan, rsud puri husada tembilahan, saut pakpahan

Bupati Inhil, Muhammad Wardan saat menyerahkan souvenir kepada salah seorang peserta operasi katarak, Jum'at (22/3).

Tembilahan (ANTARA) - Sebanyak 240 orang lanjut usia di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, mengikuti operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan bekerjasama dengan Baznas Inhil dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), Jumat.

Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan mengungkapkan, mayoritas penderita katarak di Inhil adalah lansia. Dari data yang diperoleh, terdapat sebanyak 624 orang lansia yang mendaftarkan diri untuk mengikuti operasi gratis. Namun dari jumlah tersebut, hanya 240 orang yang diterima.

"Sekitar 624 yang mendaftar, namun setelah diseleksi hanya 240 yang kita terima," ujar Bupati, saat menghadiri acara pembukaan operasi katarak gratis di Tembilahan, Jum'at.

Pembiayaan kegiatan operasi katarak gratis dalam rangka merealisasikan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Inhil periode 2018-2023 bersumber dari dana zakat Baznas Inhil dengan total Rp 380 juta.

Bupati menilai, kegiatan operasi katarak gratis ini merupakan kegiatan yang sangat membantu bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Inhil.

"Operasi katarak gratis ini bisa sedikit meringankan beban dari masyarakat kurang mampu yang mengalami susah penglihatan akibat katarak," tuturnya.

Dia berharap, pihak penyelenggara dapat memfasilitasi secara baik pasien operasi katarak sehingga tidak muncul kendala, baik pada masa pra maupun pasca operasi.

Di samping itu, Direktur RSUD Puri Husada, Saut Pakpahan mengatakan, karena banyaknya jumlah peserta yang mendaftar, maka operasi katarak secara gratis ini akan dilakukan secara bertahap.

"Untuk masyarakat yang belum termasuk dalam 240 orang yang siap operasi pada tahap ini, selanjutnya akan diarahkan menggunakan jalur BPJS untuk melakukan pengobatan katarak secara gratis," ucapnya.

Pada kegiatan operasi katarak gratis ini, dilakukan pula penyerahan suvenir berupa peralatan sholat dan uang saku kepada para pasien operasi katarak serta penandatanganan MoU antara pihak Baznas dengan Perdami dan RSUD Puri Husada Tembilahan. (ADV/Diskominfops Inhil)
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar