Kalahkan Kiev 5-0, Chelsea lolos ke perempat final Liga Champions

id Chelsea, Liga Champions

Kalahkan Kiev 5-0, Chelsea lolos ke perempat final Liga Champions

Penyerang Chelsea Olivier Giroud (depan) merayakan gol ketiganya ke gawang Dynamo Kiev dalam laga kedua putaran 16 besar Liga Europa di Stadion NSC Olympiyskiy, Kiev, Ukraina, Kamis (14/3/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Valentyn Ogirenko)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Chelsea Oliver Giroud menjadi pahlawan kemenangan timnya dengan mengemas trigol dan mengirimkan satu assist saat menghancurkan tuan rumah Dynamo Kiev 5-0 pada laga kedua putaran 16 besar Liga Europa di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina, Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan The Blues melenggang mulus ke babak perempat final dengan kemenangan skor agregat 8-0, demikian catatan laman resmi UEFA.

Meski tiba dengan keunggulan 3-0 di laga pertama pekan lalu, tim besutan Maurizio Sarri bermain menyerang sejak tendangan mula di lapangan yang sempat ia keluhkan kondisinya tersebut.

Baca juga: Chelsea bermain imbang lawan Wolverhampton

Chelsea tak membutuhkan waktu lama untuk membuka keunggulan di NSK Olimpiyskiy, laga baru berjalan lima menit ketika Giroud menyambar bola sundulan Ruben Loftus-Cheek yang menyambut sepak pojok kiriman Willian.

Unggul satu gol tak lekas membuat Chelsea puas. The Blues terus menyerang, yang salah satunya datang dari tembakan Loftus-Cheek di kotak penalti, tetapi bola masih bisa ditepis kiper Denys Boyko.

Tuan rumah baru bisa membalas menebar ancaman ke gawang Chelsea pada menit ke-22 saat Viktor Tsygankov mengambil eksekusi tendangan bebas, tetapi bola masih bisa diblok para pemain Chelsea.

Chelsea lantas menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-33. Bola umpan tarik kiriman Marcos Alonso mampu disambar dengan tembakan Giroud dari jarak dekat.

Sebelum babak pertama usai, kerja sama satu dua sentuhan Callum Hudson-Odoi bersama Giroud diselesaikan dengan gol Alonso, membuat Chelsea turun minum dalam keadaan unggul 3-0.

Giroud melesakkan gol ketiganya pada menit ke-59 setelah menerima umpan Willian dari tendangan bebas dan membuat Chelsea unggul 4-0.

Penyerang asal Prancis itu menyempurnakan penampilannya dengan mengirimkan assist untuk gol Hudson-Odoi pada menit ke-78. Pemain berusia 18 tahun itu berhasil masuk ke kotak penalti dan menjebol gawang Kiev dari jarak dekat.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Chelsea menang dengan skor telak 5-0.

Susunan pemain:

Dynamo Kiev (4-2-3-1): Boyko, Sydorchuk (Tche), Shepelev (Andrievsky), Shaparenko, Tsygankov, Mykolenko, Sidcley (Smyrniy), Garmash, Burda, Kadar, Kedziora

Pelatih: Alyaksandr Khatskevich

Chelsea (4-3-3): Kepa, Zappacosta (Azpilicueta), Rudiger, Christensen, Alonso, Kovacic, Kante (Jorginho), Loftus­Cheek, Giroud, Hudson­-Odoi, Willian (Pedro)

Pelatih: Maurizio Sarri

Baca juga: Sadis, Manchester City cukur Chelsea 6-0

Baca juga: Kalahkan MU Lewat Penalti Hazard, Chelsea Juara Piala FA