Bupati Inhil : Workshop APIP sarana mempertahankan Opini WTP

id bupati Inhil, HM Wardan, opini wtp

Bupati Inhil, Muhammad Wardan dan rombongan saat coffee morning bersama Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan (BPK) dan Pembangunan Provinsi Riau, Didik Sadikin di kediaman Bupati Inhil.

Tembilahan (ANTARA) - Bupati Indragiri Hilir, Muhammad Wardan menyambut kedatangan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan (BPK) dan Pembangunan Provinsi Riau, dalam rangka penyelenggaraan workshop Aparat Pengawasan Intern Pemerintah atau APIP yang dilaksanakan Inspektorat Kabupaten Inhil.

"Penguatan fungsi pengawasan intern pemerintah juga merupakan salah satu upaya yang perlu terus dilakukan untuk mendukung kinerja pemerintah melalui manajemen penyelenggaraan pemerintah yang sehat dan kuat," ucap Bupati dalam kegiatan coffee morning bersama Kepala Perwakilan BPK Riau yang juga tampak dihadiri Kepala Kejaksaan Inhil, Inspektur Inspektorat, serta para Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Inhil, Selasa (12/3).

Dia mengatakan, opini BPK atas hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemerintahan Kabupaten Inhil yang memperoleh WTP selama dua tahun berturut-turut perlu terus dipertahankan. Untuk itu, workshop APIP yang diselenggarakan nanti, diharapkan dapat menjadi sarana mempertahankan opini WTP tersebut ke depannya.

"Workshop itu nantinya juga diharapkan mampu memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan dan efisiensi serta efektifitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah serta memberikan peringatan dini atau early warning system kepada pemerintah dan memberikan masukan yang dapat memelihara serta meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah," ungkapnya.

Disamping itu pula, Bupati menekankan, dalam penyelenggaraan workshop APIP, upaya pencegahan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil dapat berjalan efektif. APIP mempunyai peranan penting dalam mengawal dan mengoptimalkan kinerja dan pencapaian tujuan organisasi serta mencegah dilakukannya tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah penyelenggaraan organisasi yang baik dan amanah.

"Pemerintah sudah melakukan berbagai langkah dan strategi untuk mendorong pencegahan korupsi. Salah satu langkah sistematis pencegahan korupsi adalah melalui APIP," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Didik Sadikin mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan Bupati beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil untuk kedatangannya beserta rombongan.

Dia berharap, ke depan dapat terjalin sinergitas antara BPKP Provinsi Riau dengan Pemerintah Kabupaten Inhil dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

"Pada tahap awal ini, upaya pencegahan korupsi itu dilakukan dalam wujud penyelenggaraan workshop APIP. Sebab, pencegahan korupsi harus dimulai dari aparat pengawas nya terlebih dahulu dengan langkah meningkatkan kapabilitas mereka dalam upaya mengawasi," papar Didik Sadikin seusai coffee morning.

(ADV/Diskominfops Inhil)
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar