Tingkatkan kualitas SDM ASN, Pemkab Inhil ikuti Bimtek SAKIP

id Bupati Inhil, HM Wardan, Bimtek sakip

Jajaran Pemkab Inhil, usai mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP di Pekanbaru

Tembilahan (ANTARA) - Jajaran Pemerintah Indragiri Hilir mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP yang menghadirkan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Sabtu (9/3) di Kota Pekanbaru.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, Said Syarifuddin, seusai kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Inhil, Syamsuddin Uti itu, tujuan pelaksanaan Bimtek adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia atau SDM Aparatur Sipil Negara dalam penyelenggaraan Tatakelola Pemerintahan daerah yang baik.

"Bimtek SAKIP tersebut merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Pemkab Inhil dan diperuntukkan untuk seluruh OPD yang ada, dengan adanya Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja dan laporan pada setiap OPD," tutur Sekda.

Dia menambahkan, penilaian laporan kinerja pemerintah daerah oleh Kemenpan RB untuk Kabupaten Inhil sebelumnya mendapatkan nilai CC, dengan adanya Bimtek tersebut, Sekda berharap Kabupaten Inhil mendapatkan peningkatan penilaian minimal BB pada tahun yang akan datang.

"Secara Umum ada dua macam penilaian dalam pelaksanaan pemerintahan, yakni penilaian keuangan yang dilaksanakan oleh BPK, dimana Pemkab Inhil mendapatkan opini WTP, dan penilaian kinerja yang dilakukan oleh Kemenpan RB, dimana terakhir kali Kabupaten Inhil baru mendapatkan nilai CC," ungkapnya.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Asisten Deputi (Asdep) Kemenpan RB, terdapat beberapa peran dari SAKIP dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Pertama, SAKIP berperan sebagai sarana percepatan reformasi birokrasi dan perbaikan manajemen sektor publik. Kedua, SAKIP berperan dalam mendorong efisiensi birokrasi. Terakhir, SAKIP juga turut berperan dalam mewujudkan perencanaan yang terintegrasi.

Sasaran yang hendak dicapai dalam penerapan SAKIP, ialah pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi. Selanjutnya, pemerintahan yang efektif dan efisien serta pelayanan publik yang baik dan berkualitas. (ADV/Diskominfops Inhil)
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar