Wah, ada 176 TPS sangat rawan di Sumbar

id tps, pemilu, sumbar

Ilustrasi (Antarariau)

Padang (Antaranews Riau) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat mendeteksi ada 176 Tempat Pemungutan Suara tergolong sangat rawan dari total 16.702 TPS yang ada di daerah itu saat Pemilu 2019.

Kabagbinops Biro Ops Polda Sumbar AKBP Faisal Anwar di Padang, Rabu, menyebutkan TPS rawan tersebut tersebar di empat kabupaten, yakni 148 TPS di Kabupaten Kepulauan Mentawai, 14 TPS di Kabupaten Solok Selatan, 12 TPS di Kabupaten Pasaman dan dua TPS di Kabupaten Sijunjung.

Kategori sangat rawan tersebut dilihat dari berbagai persoalan mulai dari lokasi TPS berada di kawasan rawan terjadi konflik atau berada di kawasan terpencil sehingga dikategorikan sangat rawan. "Dalam TPS kategori sangat rawan ini dibutuhkan dua polisi dan dua linmas untuk mengawal pelaksanaan pemilu di TPS tersebut," ujarnya.

Sementara untuk TPS yang dikategorikan rawan sebanyak 780 TPS yang tersebar di 15 kota dan kabupaten di Provinsi Sumatera Barat seperti di Kabupaten Solok Selatan memiliki 191 TPS, Kabupaten Dharmasraya 153 TPS, 96 TPS di Kota Padang, sebanyak 86 TPS di Kabupaten Pasaman Barat. Setelah itu, 67 TPS di Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebanyak 50 TPS di Kabupaten Pasaman Barat, 35 TPS di Solok Kota, 28 TPS di Kabupaten Sijunjung, 26 TPS di Kabupaten Agam, 15 TPS di Kabupaten Lima Puluh Kota dan 13 TPS di Kota Pariaman.

Kemudian 11 TPS di Kabupaten Pesisir Selatan, lima TPS di Kabupaten Tanah Datar dan tiga TPS masing-masing di Kota Solok dan Kabupaten Padang Pariaman.

Kategori rawan ini diberikan berdasarkan beberapa persoalan seperti lokasi TPS berada di kawasan rawan konflik, lokasi berada di basis pasangan calon tertentu dan lokasi jauh dari POK TPS yang ada. Dalam TPS kategori rawan ini pihaknya akan menempatkan dua polisi dibantu empat linmas mengawal dua TPS.

Polda Sumbar akan menurunkan 6.241 personel untuk mengawal 16.702 TPS. Jumlah personel tersebut berasal dari dua pertiga kekuatan personel di polres kota dan kabupaten serta personel dari Polda Sumbar.

Total kekuatan dari polres kota dan kabupaten sebanyak 5.158 personel dan 1.083 personel dari Polda Sumbar."Kami juga dibantu oleh 33.044 linmas yang dibentuk di setiap daerah dan kami berharap linmas ini memiliki kemampuan awal dalam menangani ketika terjadi persoalan di TPS," katanya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar