41 Rumah Sakit Lanjutkan Kerja Sama BPJS-Kesehatan Pekanbaru

id 41 Rumah Sakit, BPJS Kesehatan, Pseserta JKN-KIS

41 Rumah Sakit Lanjutkan Kerja Sama BPJS-Kesehatan Pekanbaru

DPM: BPJS Kesehatan Layani Semua Penduduk Indonesia (frislidia2)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Sebanyak 41 rumah sakit pada tahun 2019 kembali melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kota Pekanbaru dalam melayani peserta JKN-KIS.

"Seluruh pasien peserta JKN-KIS aktif di wilayah kerja Kantor Cabang Pekanbaru tidak perlu risau, karena 41 rumah sakit yang sebelumnya telah bekerja sama sepanjang tahun 2018, kembali melanjutkan hubungan kerja sama di Tahun 2019," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Pekanbaru Rahmad Asri Ritonga di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan itu di sela penandatangan perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan tentang Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan bagi Peserta Program Jaminan Kesehatan dengan Manajemen RS Awal Bros Group.

Baca juga: 60 RS Riau sudah bekerja sama dengan BPJS-Kesehatan

Menurut Asri, wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekanbaru meliputi Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Rokanhulu, kendati memang ada beberapa rumah sakit yang tak lagi diperpanjang kontrak kerja samanya merujuk surat Menteri Kesehatan Nomor HK.03.01/Menkes/18/2019 tentang Perpanjangan Kerja Sama Rumah Sakit dengan BPJS tanggal 4 Januari 2019.

"Salah satu diantaranya adalah RS Awal Bros di Ujung Batu, dan RS yang bekerja sama selama setahun itu telah memenuhi Regulasi Kemkes RI, dari Asosiasi RS/Persi dan BPJS Kesehatan, katanya.

Asri mengatakan, sebelum kerja sama disepakati terlebih dahulu RS terkait melalui proses kredensialing, yang dilakukan oleh tim BPJS Kesehatan, Dinkes dan Persi.

Dengan adanya kerja sama tersebut, katanya, maka peserta BPJS Kesehatan akan memperoleh layanan dari semua bentuk layanan yang ada di RS terkait, tentunya yang telah dikerjasamakan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Panggil 46 Manejemen Perusahaan Bandel, Yang Enggan Daftarkan Karyawan Jadi Peserta JKN-KIS

BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru juga mengimbau masyarakat untuk mengakses aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui AppStore atau PlayStore demi kenyamanan dan kemudahan layanan dan informasi.

Direktur Rumah Sakit Awal Bros Ujung Batu Jimmy Kurniawan mengaku senang dengan hubungan kerja sama ini, apalagi di tengah banyaknya keresahan yang timbul di masyarakat terkait tidak diperpanjangnya kontrak kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Dengan berlanjutnya kerja sama ini, kami senang sekali. BPJS Kesehatan banyak membantu, sehingga kualitas kesehatan masyarakat akan terus meningkat dan masyarakat tak lagi diresahkan. Harapannya kerja sama dapat terus berlanjut dan ditingkatkan, seperti misalnya bersama-sama melakukan kegiatan edukasi bagi masyarakat," kata Jimmy.

Ia menyebutkan, kini terdapat 302 fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas, klinik, dokter praktik perorangan, dokter gigi praktik perorangan dan 41 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan, seperti rumah sakit dan klinik utama yang sudah bekerja sama.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Kejati Riau Eksekusi Penunggak Iuran

Baca juga: Warga Pekanbaru Serbu Stan BPJS Kesehatan