Cara unik sambut wisman pertama di tahun baru bikin turis Amerika terpesona

id wisatawan mancanegara,wisman,pariwisata riau,pariwisata,Bandara SSK II,pekanbaru,tahun baru,tahun baru 2019

Cara unik sambut wisman pertama di tahun baru bikin turis Amerika terpesona

Wisatawan mancanegara disambut tarian Joget Lambak di Bandara internasional SSK II, Selasa (1/1/2019). (Foto Heru Maindikali untuk Antaranews/18)

Semoga kunjungan wisatawan ke Riau pada 2019 ini lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga dapat memberikan sumbangan devisa negara dan menciptakan efek beragam lainnya kepada masyarakat Riau
Pekanbaru (Antaranews Riau) - Wisatawanmancanegara yang melancong ke Provinsi Riau pada hari pertama tahun 2019 mendapat sambutan unik di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Kota Pekanbaru, berupa suguhan tarian "joget lambak" dan minuman "air mata pengantin".

Penyambutan istimewa itu disajikan oleh Dinas Pariwisata Riau yang berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Internasional SSK II, Selasa.

Air mata pengantin adalah minuman khas Riau, yang biasanya disuguhkan pada acara bahagia seperti pernikahan. Setelah menikmati minuman khas itu, wisatawan turut menari Joget Lambak bersama empat orang penari yang diiringi oleh pemain musik akordion, biola dan gendang dari sanggar Sri Melayu.

Baca juga: Turis Thailand pilih liburan akhir tahun ke Candi Muara Takus Riau

Ada 13 wisatawan mancanegara berkunjung ke Provinsi Riau melalui pintu masuk kedatangan Bandara Internasional SSK II pada 1 Januari. Mereka terdiri dari dua orang dari Amerika Serikat, yaitu Arora (43) dan Jonathan Wade (40), dan delapan orang lainnya adalah warga negara Singapura dan Malaysia.

Kepala Dinas Pariwista Provinsi Riau, Fahmizal Usman menjelaskan, 13 wisatawan mancanegara (wisman) yang datang pada awal 2019 merupakan penumpang pesawat Jetstar dari Singapura.

"Kunjungan wisman yang datang bermaksud mengunjungi desinasi wisata di Pekanbaru dan berbagai destinasi wisata di Kabupaten dan Kota," katanya.

Dua Wisatawan Amerika yaitu Arora (kanan) dan Jonathan Wade, mencicipi minuman air mata pengantin di Bandara internasional SSK II, Selasa (1/1/2019). (Foto Heru Maindikali untuk Antaranews/18)
Fahmizal menuturkan, kegiatan penyambutan itu merupakan kebiasaan rutin yang dilakukan Dinas Pariwisata Riau bekerja sama dengan pihak manajemen Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. "Sengaja kami sambut dengan joget lambak dan minuman air mata pengantin. Hal ini dilakukan untuk memberikan atraksi sekaligus memperkenalkan tarian dan kuliner khas masyarakat Provinsi Riau," ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Riau, wisman yang berkunjung ke Provinsi Riau pada tahun 2016, yaitu 66.130 oprang dan pada 2017 sebanyak 91.484 orang.

Sementara itu, terhitung sejak Januari-November 2018, jumlah wisman yang datang 121.000 orang.

Rekapitulasi angka ini dihitung berdasarkan pintu masuk utama, yakni Bandara internasional SSK II, Pelabuhan Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Meranti.

"Semoga kunjungan wisatawan ke Riau pada 2019 ini lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga dapat memberikan sumbangan devisa negara dan menciptakan efek beragam lainnya kepada masyarakat Riau," katanya.

Salah seorang wisatawandari Amerika, Jonathan Wade, mengaku sangat terkejut melihat penyambutan yang meriah di Riau. Dia mengatakan pengalaman unik itu sangat berkesan.

"Minumannya segar dan tarian tradisionalnya unik," kata Jonathan menjelaskan kesannya menikmati minuman air mata pengantin sambil berjoget lambak.

Baca juga: Gaet Lebih Banyak Wisatawan, Siak Gelar "Serindit Boat Race" 16-18 November

Baca juga: Riau Lampaui Target Kunjungan Wisatawan Mancanegara