KIP Riau Bangga Desa Seberang Taluk Raih Peringkat II Kategori LPDTI

id kip riau, bangga desa, seberang taluk, raih peringkat, ii kategori lpdti

KIP Riau Bangga Desa Seberang Taluk Raih Peringkat II Kategori LPDTI

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Desa Seberang Taluk, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, berhasil menduduki posisi kedua tingkat nasional dalam Lomba Desa Terbaik 2018 untuk kategori Layanan Publik dan Transparansi Informasi (LPDTI).

Tidak tanggung- tanggung, dalam lomba yang diselenggarakan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT), Desa Seberang Teluk berhasil menyisihkan 17.890 desa lainnya dari seluruh Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Riau, Zufra Irwan, menyatakan rasa suka cita yang dalam dan tahniah kepada Desa Seberang Teluk.

Kami dari dewan juri KIP Riau merasa sangat bangga dan haru karena ke depan Desa Seberang Taluk akan menjadi desa percontohan transparansi informasi bagi desa-desa se-Indonesia, ujar Ketua KIP Riau Zufra Irwan, didampingi komisioner KIP Riau Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi, Jhony Setiawan Mundung.

Disambung Jhony Setiawan Mundung, Peringkat Pertama untuk kategori Pelayanan Publik dan Transparasi Informasi di raih oleh Desa Pejambon, Bojonegoro, Jawa Timur. Artinya Desa Seberang Teluk bisa dikatakan peringkat pertama di luar Pulau Jawa dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi KIP Riau, imbuhnya.

KIP Riau berhadap kedepan Desa Seberang Teluk yang dinakhodai Emil Harda sebagai Kepala Desa, terus meningkatkan penerapan sistem informasi desa yang transparan dan kredibel.

Awalnya saya sudah yakin jika Pak Emil selaku Kepala Desa yang gesit, lincah dan progresif itu, bisa membawa Desa Seberang Teluk menjadi juara tingkat nasional. Bisa jadi ini sebuah hal yang tak terbayangkan sebelumnya oleh beliau, ujar Mundung yang juga bertindak sebagai juri Lomba Desa tingkat Provinsi Riau 2018.

Diceritakan Mundung, perjuangan Desa Seberang Taluk mencapai peringkat II nasional ini, tentu saja melalui tahapan penilaian yang sangat ketat. Bahkan, Tim Penilai Nasional langsung turun ke desa-desa. Tim berasal dari KDPDTT dan Komisi Informasi Pusat, jelasnya.

Dilain pihak, Waffa Patria Umma dari Komisi Informasi Pusat menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih karena KIP Riau mampu membawa desa binaan KIP Riau meraih peringkat II nasional.

Selamat dan terima kasih untuk rekan-rekan KIP Riau yang diberi peran dan tangung jawab untuk menilai desa-desanya yang terbaik. Semoga menjadi langkah awal untuk terwujudnya keterbukaan informasi publik secara masiv di desa, katanya memberikan harapan. (rilis)