Sebanyak 600 Personel Gabungan Amankan Pergelaran Tour De Singkarak Di Dharmasraya

id sebanyak 600, personel gabungan, amankan pergelaran, tour de, singkarak di dharmasraya

Sebanyak 600 Personel Gabungan Amankan Pergelaran Tour De Singkarak Di Dharmasraya

Antara foto

Pulau Punjung, Sumbar,(Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengerahkan 600 personel gabungan untuk pengamanan etape II ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) di daerah itu pada 5 November 2018.

"Personel akan ditempatkan di 35 titik yang akan dilewati pebalap," kata Kapolres Dharmasraya AKBP Roedy Yoelianto melalui Kabag Ops Kompol E Darma Aznur, di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan personel gabungan tersebut terdiri atas 300 anggota Polres Dharmasraya, 120 anggota Satpol PP, 60 anggota TNI, 100 anggota Dinas Perhubungan, dan 20 anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

Menurutnya di setiap titik akan ditempatkan 16 hingga 20 anggota, namun hal tersebut bersifat statis melihat tingkat kerawanan jalur yang dilalui pebalap.

Ia mengatakan jalan lintas Sumatera di Dharmasraya akan ditutup untuk kendaraan umum mulai pukul 07.00 WIB.

"Kita telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bungo dan Tebo sehubungan dengan penutupan jalan, supaya pengguna jalan lintas tidak kaget, karena sudah ada pemberitahuan sebelumnya," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Dharmasraya, Benny Mandala Putra, mengatakan pada etape II pebalap akan memulai start di Kota Sawahlunto dan finish di Kabupaten Dharmasraya.

"Lokasi finish tahun ini dipusatkan di depan Kantor Bupati Dharmasraya, sebelumnya di Sport Center Koto Padang," ujarnya.

Pihaknya meminta dukungan masyarakat Dharmasraya agar dapat menyukseskan event tahunan itu, kata dia.

Menurut dia, banyak dampak positif yang didapat melalui ajang TdS, di samping akan menggenjot perekonomian masyarakat juga sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata Dharmasraya kepada masyarakat internasional.

"Karena event ini diliput oleh berbagai media cetak dan elektronik dalam dan luar negeri," ujarnya.