Pertamina Dumai Bentuk Bank Sampah Jaya Mukti

id pertamina dumai, bentuk bank, sampah jaya mukti

Ilustrasi_Bank Sampah

Dumai, Riau,(Antarariau.com) - Bank Sampah Berlian terbentuk di Kelurahan Jaya Mukti Kota Dumai mendapat bantuan gedung pusat pengolahan sampah, mesin pencacah, atau senilai total Rp200 juta dari Pertamina RU II.

Manager Humas Pertamina RU II Dumai Muslim Dermawan mengatakan, bank sampah melalui program sosial kemasyarakatan bidang lingkungan ini mewujudkan kepeduliaan warga dan mendorong pemanfaatan sampah.

Selain itu, Pertamina juga lakukan pendampingan dan pembinaan pada pengurus bank sampah dan warga terkait cara pengelolaan dan peningkatan kapasitas berbasis lingkungan melalui pelatihan.

"Mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mengolah sampah menjadi sesuatu bermanfaat dan bernilai ekonomis," kata Muslim, Rabu.

Harapan bank sampah ini, bisa merubah pemikiran masyarakat bahwa sampah dapat menjadi sumber pendapatan dan pengurangan sampah rumah tangga apabila diolah.

Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As menilai keberadaan bank sampah di Kecamatan Dumai Timur akan membantu peningkatan kesadaran dan kepeduliaan warga pada sampah untuk kebersihan rumah dan lingkungan.

"Sampah rumah tangga dihasilkan tiap hari sudah ada bank sampah tempat pengumpulan dan dapat juga memberi tambahan pendapatan secara ekonomis," kata Zulkifli.

Menurutnya, kepeduliaan Pertamina RU II perlu dicontoh, dan Pemkot apresiasi atas dukungan pembangunan gedung pusat pengolahan sampah, dan nanti akan menjadi percontohan kelurahan lain.

Program pengendalian sampah terkendala kurangnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, dan kemampuan pemerintah terbatas dalam mengelola sampah ke semua kecamatan.

"Kita senang pertamina membantu masyarakat kelurahan mendirikan bank sampah, dan kepada pengurus agar mengelola dengan baik secara bersama," sebut kepala daerah.
Pewarta :
Editor: Abdul Razak
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar