DPR RI: Negerikan Madrasah Menjadi Tolak Ukur Peradaban

id dpr ri, negerikan madrasah, menjadi tolak, ukur peradaban

DPR RI: Negerikan Madrasah Menjadi Tolak Ukur Peradaban

Istimewa

Pekanbaru,(Antarariau.com) - Ketua Komisi VIII DPR RI, Muhammad Ali Taher, menyatakan, menegerikan madrasah penting karena menjadi tolak ukur yang paling dekat dan mudah adalah pendidikan dalam mengukur peradaban.

"Untuk itu, pendidikan harus dipacu agar peradapan di Indonesia yang majemuk bisa disatukan dengan nilai- nilai pendidikan yang berkarakter yang berfikir rasional, objektif dan lainnya," kata Muhammad saat menyaksikan 48 Madrasah se-Indonesia yang diresmikan oleh Menag RI, Lukman Hakim Saifuddin, Senin.

Menurut dia, peresmian penegerian madrasah ini sebagai bukti kerja keras Kementerian Agama(Kemenag) yang dinilai luar biasa itu.

Sebab, katanya, dari 327 yang diajukan oleh Kemenag untuk di negerikan, hanya bisa 128 diterima dan yang saat ini diresmikan baru 48 madrasah.

"Kita akan terus mendorong penegerian ini, karena semakin banyak madrasah di negerikan bukan berarti membebani anggaran belanja negara, tetapi agar masyarakat mendapat pelayanan terbaik dengan pendidikan yang berkualitas sehingga anak madrasah bisa berkompetisi di masa datang," katanya.

Pelaksana tugas Gubernur Riau, yang diwakili Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, peresmian penegerian 48 Madrasah negeri se- Indonesia merupakan rencana strategis pemerintah dalam memajukan pendidikan keagamaan di Indonesia, termasuk di Riau.

"Ini merupakan bagian penting bagi kita semua agar pengembangan pendidikan bidang keagamaan menjadi program strategis di masa datang, karena keberadaan madrasah merupakan wujud kesadaran keberagamaan masyarakat muslim terhadap pentingnya mempersiapkan generasi masa depan yang memiliki kompetensi dan pemahaman yang baik," katanya.

Sementara itu Wali Kota Pekanbaru, melalui Sekdako Pekanbaru, M. Noer, mengatakan dengan penegerian MAN 3 dan MAN 4 Pekanbaru diharapkan dapat mengelola penambahan fasilitas pendidikan secara profesional dan bertanggungjawab sehingga pemberdayaan benar-benar optimal sebagai sarana peningkatan kualitas pendidikan.

"Selamat atas peresmian madrasah yang diharapkan anak-anak dapat menjadi generasi penerus pembangunan khususnya Kota Pekanbaru, dan keberadaan ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Riau akan memberikan semangat serta suasana baru dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat," katanya.