Parisman Ihwan Nakhodai IKLB IX Koto Wilayah Kota Pekanbaru

id parisman ihwan, nakhodai iklb, ix koto, wilayah kota pekanbaru

Parisman Ihwan Nakhodai IKLB IX Koto Wilayah Kota Pekanbaru

Parisman Ihwan (kiri) Ketua IKLB IX Koto, Kota Pekanbaru, Irdinansyah Tarmizi selaku Bupati Tanah Datar (tengah) dan Ketua Panitia Baralek Gadang Warga Lintau Buo (kanan) saat berfoto bersama.

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Parisman Ihwan resmi menakhodai Ikatan Keluarga Lintau Buo (IKLB) IX Koto, Kota Pekanbaru, periode 2018-2023 setelah resmi dilantik pada Minggu hari ini.

Ihwan, sosok sederhana tersebut secara resmi menjabat sebagai Ketua IKLB IX Koto, daerah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat untuk wilayah Kota Pekanbaru.

Kegiatan yang mengambil tema Baralek Gadang Warga Lintau dan dilaksanakan di lapangan Jalan Purwodadi, Kecamatan Tampan ini turut dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, tokoh Lintau, serta sejumlah pejabat dari Kabupaten Tanah Datar dan Kota Pekanbaru.

Termasuk perwakilan IKLB Jakarta, IKLB Duri, IKLB Dumai, IKLB Pelalawan, IKLB Perawang, dan ribuan warga Lintau yang ada di Pekanbaru.

"Dengan amanah yang saya emban sebagai ketua IKLB IX Koto, (saya akui) ini akan menjadi tugas dan tanggungjawab yang sangat berat bagi kami untuk menjalankan roda organisasi keluarga Lintau Buo IX Koto. (Namun) kita harus kibarkan lagi nama dan bendera Lintau Buo ini di Pekanbaru," kata Parisman usai pelantikan.

Dia mengisahkan, IKLB IX Koto ini sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang. IKLB IX Koto lahir di Kota Pekanbaru sejak tahun 1968 dan menjadi ikatan keluarga asal Minangkabau tertua di Kota Pekanbaru.

Bahkan, hingga kini anggotanya yang terdaftar diperkirakan mencapai sekitar 7.000 orang.

"Namun pada kepengurusan sebelumnya, IKLB IX Koto ini perlahan mulai hilang. Di sini, bagi kami pengurus periode lima tahun mendatang menjadi cukup berat, untuk kembali membesarkan nama Lintau Buo di Kota Pekanbaru," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan apresiasinya atas terpilihnya Parisman Ihwan sebagai Ketua IKLB IX Koto, Kota Pekanbaru.

Lewat iven Baralek Gadang IKLB IX Koto Kota Pekanbaru ini diharapkan juga dapat sekaligus menjadi ajang silaturahmi seluruh masyarakat Lintau Buo.

Karena menurutnya, iven ini termasuk yang terbesar se-Indonesia, jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

"Selamat saya ucapkan kepada Ketua IKLB IX Koto terpilih yang bisa menghimpun ribuan masyarakat Lintau Buo di Kota Pekanbaru untuk berkumpul dan bersilaturahmi dalam acara Baralek Gadang ini," tuturnya.

Dirinya ingin, dengan adanya pertemuan ini, rasa kekerabatan dan silaturahmi meningkat. Termasuk kecintaan terhadap kampung halaman.

"Perantau Tanah Datar kami rasa punya peranan penting. Untuk itu kita mencoba membangun komunikasi yang baik. Semoga ini juga bisa dicontoh oleh para perantau lainnya," tandasnya.