185 Haji Khusus Asal Pekanbaru Ziarahi Kota Mekkah

id , 185, haji khusus, asal pekanbaru, ziarahi kota mekkah

   185 Haji Khusus Asal Pekanbaru Ziarahi Kota Mekkah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 185 haji khusus asal Pekanbaru Riau melaksanakan ziarah religi di seputar Kota Mekkah sambil menunggu waktu kepulangan ke Tanah Air, antara lain ke Museum Kiswah.

"Jamaah ini mengunjungi Museum Kiswah atau museum pembuatan kain kiswah penutup Kabah," kata Humas Kanwil Kemenag Riau, Musdhalifah, di Pekanbaru, Kamis.

Dalam museum tersebut, katanya menyebutkan, banyak terdapat benda-benda bersejarah seperti Kubah Masjidil Haram dari zaman dahulu sampai kubah sebelum kubah terakhir.

"Di dalam museum itu juga terdapat perjalanan sejarah perkembangan Kota Mekkah, perkembangan sumur zam-zam dan sejarah penting lainnya," katanya.

Dengan mengajak jamaah mengunjungi museum tersebut diharapkan jamaah dapat mengambil pelajaran dan hikmah terhadap perjuangan dakwah Rasulullah dan sahabat serta keteguhan mereka terhadap Islam, katanya.

Sebanyak 185 haji ini merupakan rombongan haji khusus nonreguler dari PT Muhibbah Mulia Wisata.

Menurut Musdhalifah seperti dilaporkan petugas Haji Khusus Muhibbah Irwan Aditya, Eri Musmir dan Ezi dari Mekkah, ziarah ke Museum Kiswah merupakan agenda khusus yang dilaksanakan oleh jamaah haji Muhibbah.

"Setelah prosesi ibadah haji selesai, selama di Mekkah, jamaah haji ini akan memaksimalkan ibadah Sholat wajib dan sunnah di Masjidil Haram, dan mencari pahala sebesar-besarnya sebelum pulang ke Tanah Air," katanya.

Terkait kondisi jamaah haji tersebut, kata Eri Musmir yang mendampingi jamaah selama pelaksanaan Ibadah Haji di Mekkah dan Madinah, semua dalam keadaan sehat, meski ada yang mengalami batuk pilek.

"Kami berharap sampai jamaah haji kembali ke Tanah Air semoga Allah SWT memberi kesehatan sehingga dapat berkumpul kembali dengan sanak keluarga di kampung," katanya.