Kemenag Dumai Bagikan Koper Pada 23 Juli

id kemenag dumai, bagikan koper, pada 23 juli

Kemenag Dumai Bagikan Koper Pada 23 Juli

Sumber : Antaranews

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kementerian Agama Kota Dumai membagikan koper kepada 186 calon haji daerah itu pada 23 Juli 2018 untuk diisi berbagai keperluan ibadah haji dan kemudian dikumpulkan pada 26 Juli di asrama haji Jalan Pattimura Dumai.

Kepala Seksi Urusan Haji Kemenag Dumai Zakaria di Dumai, Jumat, mengatakan penyerahan koper itu bersamaan dengan pelepasan mereka berangkat haji oleh Pemerintah Kota Dumai di Gedung Daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung pada 23 Juli 2018.

"Persiapan sudah mencapai 100 persen dan koper mulai dibagikan ke jamaah dalam kegiatan pelepasan oleh Wali Kota Dumai di pendopo, 23 Juli nanti," kata dia.

Calon tamu Allah SWT itu diingatkan agar mengisi koper dengan berbagai keperluan yang berat maksimal 32 kilogram. Mereka juga dilarang membawa benda tajam, air yang banyak, dan makanan atau minuman mengandung zat berbahaya.

Sesuai jadwal, pada 27 Juli mendatang, jamaah calon haji Dumai menuju Asrama Haji Embarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau melalui Terminal Fery Pelindo Dumai.

Keberangkatan ke Batam diantar Wali Kota Dumai Zulkifli As. Jamaah calon haji beristirahat semalam di asrama haji itu, kemudian bertolak ke Madinah melalui Bandara Hang Nadim Batam pada 28 Juli 2018.

"Dua petugas siap mendampingi dan melayani jamaah Dumai yang tergabung dengan peserta dari Kabupaten Rokan Hulu dan Kuantan Singingi dalam kelompok terbang 9 Embarkasi Batam," katanya.

Setiba di Madinah, calon haji Dumai akan menginap di pemondokan berjarak 400 meter dari Masjid Nabawi, sedangkan di Mekkah ditempatkan di Mahbas Jin atau tiga kilometer dari Masjidilharam.

Zakaria memastikan kondisi jamaah calon haji Dumai saat ini dalam keadaan baik dan sehat.

Mereka diharapkan tetap menjaga kesehatan serta melakukan persiapan mental yang baik agar tidak terkendala dalam pemberangkatan ke Tanah Suci dan menjalani seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar.

Untuk keberangkatan mereka ke Asrama Haji Batam melalui terminal feri, Pemerintah Dumai menyiapkan satu kapal feri. Mereka menggunakan fasilitas itu secara gratis.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Pemkot Dumai Amiruddin menyatakan penyediaan satu kapal feri untuk mereka bentuk dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ibadah haji agar sukses dan lancar.

"Pemerintah Dumai tiap tahun gratiskan biaya domestik calon jamaah haji menuju Embarkasi Batam melalui jalur laut, agar penyelenggaraan musim haji berjalan lancar," kata dia.