Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Bengkalis Buka Kantor di Mandau

id tingkatkan pelayanan, disdukcapil bengkalis, buka kantor, di mandau

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Bengkalis Buka Kantor di Mandau

Alfisnardo

Bengkalis, (Antarariau.com) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau meningkatkan pelayanan kepada masyarakat seperti dalam pembuatan KTP elektronik dengan membuka kantor di Kecamatan Mandau.

"Untuk mempermudah masyarakat dalam urusan pembuatan e-KTP, Akta Kelahiran, kita sudah membuka kantor pelayanan di UPTD Kecamatan Mandau," ujar Kadisdukcapil Bengkalis Renaldi, Kamis.

Dijelaskannya, kantor layanan tersebut sudah diresmikan oleh Bupati Bengkalis beberapa waktu yang lalu dan masyarakat tidak perlu lagi datang ke pusat di kantor kabupaten.

"Jarak rentang waktu antara Kecamatan Mandau ke Bengkalis sangat jauh dan jumlah penduduk yang ada lebih besar, minimal memakan waktu dua hari digunakan masyarakat mengurus KTP elektronik dan pembuatan Akta Kelahiran," ujarnya di Bengkalis.

Renaldi juga memprogramkan untuk kantor pelayanan ini akan dibuka diseluruh kecamatan yang ada, namun sementara waktu masyarakat terdekat dengan Kecamatan Mandau bisa mengurus di sana.

"Masyarakat Kecamatan Pinggir dan Bathin Solpan bisa melakukan perekaman data untuk KTP dan lainnya di kantor UPTD Disdukcapil Mandau. Sementara Kecamatan Rupat, Rupat Utara, Siak Kecil, Bukitbatu dan Bandar Laksamana masih di Bengkalis," ungkapnya.

Renaldi juga telah mengusulkan untuk pembangunan kantor baru UPTD Disdukcapil di setiap Kecamatan dan berharap usulan ini bisa didukung oleh semua pihak termasuk legislatif.

"Dasar aturan terhadap peningkatan pelayanan itu adalah Permendagri dan Peraturan Bupati (Perbup). Untuk itu perlu dukungan dari semua lapisan masyarakat yang ada," pinta Renaldi. ***4***